Cara Membuat Akta Kelahiran di Disdukcapil

Proses Pembuatan Akta Kelahiran di Disdukcapil

Akta Kelahiran merupakan sebuah surat yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk mencatat kelahiran anak dan akan mendapatkan nomor kependudukan dan dimasukan kedalam kartu keluarga orangtua. 

Kelahiran bayi harus segera di laporkan ke dinas kependudukan paling lambat 60 hari sejak kelahiran, hal ini di atur dalam (Undang-Undang Nomor 3 Pasal 27 Ayat 1 Tahun 2006. Akta kelahiran sangat dibutuhkan nantinya untuk mendapatkan layanan publik baik itu pemerintah ataupun non pemerintah.

Biasanya ada juga akta kelahiran yang diurus oleh pihak Bidan atau Rumah Sakit sehingga keluarga dari bayi yang baru dilahirkan tidak perlu mengurus ke disdukcapil untuk membuat akta kelahiran karena sudah di urus oleh bidan/rumah sakit tempat bayi dilahirkan.

Namun, ada juga yang tidak diurus pembuatan akta kelahirannya sehingga mengharuskan orangtua untuk mengurus sendiri ke disdukcapil. Saat hendak mengurus akta kelahiran maka perlu menyiapkan beberapa persyaratan, adapun persyaratannya sebagai berikut :

  1. Surat Pengantar dari Kelurahan / Rt / Rw
  2. Surat Keterangan Lahir dari Bidan / Dokter / Rimah Sakit
  3. Kartu Keluarga Asli
  4. Fotocopy KTP Kedua Orangtua
  5. Fotokopi Akte Kelahiran suami-istri sebanyak 2 lembar.
  6. Fotocopy Buku Nikah
  7. Dua orang saksi untuk membuktikan tentang kelahiran
  8. Surat Kuasa dengan materai sebesar Rp6.000.
  9. Mengisi Formulir Permohonan Pencatatan Kelahiran

Pengurusan pembuatan akta kelahiran bayi yang baru lahir dilakukan langsung di kantor disdukcapil di kabupaten masing-masing, bawa semua persyaratan diatas saat akan mengurus akta kelahiran dan serahkan kepada petugas. Selanjutnya, berkas akan diperiksa dan pembuatan akta kelahiran akan segera di proses.

Tidak ada biaya dalam pengurusan akta kelahiran, apabila anda dimintai biaya maka itu adalah pungli maka perlu dilaporkan melalui lapor.go.id untuk ditindak lanjuti. Akta kelahirkan dapat selesai tergantung berapa banyak berkas yang harus diselesaikan oleh dinas kependudukan biasanya butuh waktu 2×24 jam.


2 COMMENTS

Leave a Reply