Apa Arti AT dan MT pada Jenis Mobil

Mobil Automatic Tranmission

Ternyata masih banyak yang belum tahu mengenai sebuah arti dari singkatan AT dan MT pada jenis mobil ketika kita ingin membelinya. Termasuk saya juga sih sebenernya, ketika disodorin sebuah brosur promo mobil di mall oleh salah satu SPG mobil toyota.

Saat saya terima nikahnya , brosur nya disitu tertuliskan daftar harga dengan jenis mobil disitu juga tertulis AT dan MT. Karena saya memang ga tahu apa artinya kemudian saya tanya ke SPG yang ngasih brosur, apa sih mbak arti AT dan MT di brosur ini?

Dengan suara lembut SPG nya menjawab, AT dan MT itu merupakan jenis mobil berdasarkan pergantian gigi nya. Kalo AT itu singkatan dari Automatic Tranmission jadi pergantian giginya otomatis, sedangkan MT singkatan dari Manual Tranmission jadi pergantian giginya manual seperti mobil pada umumnya.

Mobil jenis AT tidak memiliki perseneling (kopling), hanya ada 2 pedal yaitu pedal gas dan pedal rem saja, ibaratnya seperti motor matic. Harga mobil dengan jenis pergantian gigi auto (AT) lebih mahal dibandingkan dengan jenis mobil dengan pergantian gigi manual (MT).

Nah, sekarang sudah tahu kan apa itu jenis mobil AT dan jenis mobil MT, jadi silahkan anda pilih mobil mana yang ingin anda miliki. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing, tapi untuk mobil jenis AT lebih mudah dikemudi karena tidak perlu bingung mengganti gigi terutama bagi yang baru belajar bawa mobil.