Bahaya Menggunakan Semir Ban pada Kendaraan (Mobil / Motor)

Bahaya Semir Ban

Memiliki kendaraan pribadi memang terasa amat menyenangkan, apalagi kalau kendaraan selalu tampil bersih dan dalam kondisi sehat maka akan lebih percaya diri dan nyaman saat mengendarainya. Hal itu tak terlepas dari perawatan yang intens.

Apapun kendaraannya baik itu mobil atau sepeda motor, ketika tampak kusam (banyak kotorannya) dan tak pernah diservice maka tidak akan nyaman digunakan. Maka dari itu perlu dilakukan perawatan secara berkala mulai dari mesin, body hingga kebersihan.

Mungkin perawatan mesin dan body tidak terlalu sering, karena memang butuh waktu antara 2-3 bulan atau berdasarkan km perjalanan baru diperhatikan. Tapi soal kebersihan, akan menjadi sorotan setiap hari apalagi ketika hujan ditambah lagi melewati jalanan becek tentu membuat mobil menjadi kotor.

Tentu kalau sudah kotor harus di cuci bersih, agar terhindar dari kotoran-kotoran yang nempel di body dan mesin, tak jarang untuk membuat lebih mengkilap diberi dengan kit body baik itu dicuci sendiri maupun di cuci di steam.

Tak hanya itu, bagian ban pun dibuat mengkilap dengan menggunakan semir ban. Memang, kebersihan itu baik tapi ternyata ada bahaya yang mengancam dibalik kebersihan tersebut, yang saya maksud disini soal kebersihan ban yang mengkilap menggunakan semir.

Bahaya Menggunakan Semir Ban pada Kendaraan (Mobil / Motor)

Kita harus berhati-hati saat mencuci kendaraan (baik mobil / motor) di cuci steam umum, karena sekarang ini banyak sekali produk semir ban kendaraan yang menggunakan bahan kimia yang mengandung silikon yang dapat berefek tidak baik terhadap ban kendaraan yang anda miliki.

Penggunaan semir ban justru akan mengurangi usia pakai. Beralasan, karena dinding ban justru akan mengalami pecah-pecah yang bisa membuat efek ban jadi mudah bocor atau pecah.

Dikhawatirkan dalam jangka panjang ban kendaraan akan pecah saat anda kendarai, bagaimana jika ban tersebut pecah pada saat anda mengendarai mobil/motor anda dalam kecepatan tinggi? Tentunya akan menyebabkan kecelakaan yang berakibat fatal.

Jika anda ingin menyemir ban agar tampak kinclong dan bersih maka anda harus perhatikan semir yang digunakan, gunakan semir dengan bahan yang mengandung unsur wax dan non-silikon, semir ini lebih aman dan tidak merusak unsur pada ban.


Leave a Reply