Cara Buka Tabungan Haji di BRI Syariah

Tabungan Haji BRI Syariah

Setelah menabung beberapa bulan akhirnya terkumpulah uang untuk bisa mendaftar ibadah haji, biaya untuk daftar haji sebesar Rp25 juta. Karena saya ingin berangkat bareng sama istri, jadi saya daftar berdua dengan total biaya Rp50 juta. 

Salah satu syarat untuk bisa daftar haji yaitu membuka rekening tabungan haji di bank syariah, dalam hal ini saya memilih tabungan haji di BRI Syariah. Untuk membuka tabungan haji di BRI Syariah kita harus membawa persyaratannya yaitu :

  1. KTP Elektrik,
  2. Kartu Keluarga,
  3. NPWP (jika ada)
  4. Setoran awal minimal Rp50 ribu.

Setelah semua persyaratan lengkap, saya langsung datang ke kantor BRI Syariah cabang Daya Murni, Tulang Bawang bersama istri saya untuk membuka tabungan haji. Ini merupakan salah satu syarat utama untuk daftar haji, walaupun saya suami-istri tetap harus membuka tabungan masing – masing.

Datang ke Kantor BRI Syariah pada jam kerja yang sudah ditetapkan ya, kantor BRI Syariah buka setiap hari Senin sampai Jumat, mulai pukul 08.00 s/d 15.00 Wib 

Sesampainya di BRI Syariah, saya langsung menyerahkan persyaratannya. Karena saya ingin langsung mendapatkan validasi bpih (pelunasan biaya) maka saya langsung membawa setoran uang Rp25 juta sebagai biaya pendaftaran ibadah haji. Begitu juga dengan istri saya.

  • Jika anda tidak ingin langsung melunasi biaya daftar haji maka anda cukup menyetorkan uang Rp50 ribu saja, dan kemudian anda dapat menabung seperti biasa, ketika saldo tabungan anda mencukupi Rp25 juta maka anda bisa langsung gunakan untuk mendaftar haji.

Isi formulir permohonan pembukaan tabungan yang telah disiapkan, isi data dengan benar sesuai dengan identitas diri seperti Nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nama ibu kandung, nomor telp dan sebagainya. Butuh waktu sekitar 20 menit untuk mengisi formulir.

Setelah mengisi formulir dan menandatangani nya, petugas BRI Syariah langsung memproses pembukaan rekening tabungan haji. Setelah itu, saya langsung ke Teller untuk menyetoran uang tabungan sejumlah uang untuk biaya pendaftaran haji. 

Validasi BPIH BRI Syariah

Validasi BPIH BRI Syariah

Setelah rekening tabungan selesai dibuka dan uang Rp25 juta saya setorkan maka saya langsung minta untuk di proses untuk mendapatkan validasi BPIH yaitu membayar uang biaya daftar haji. Dengan menyerahkan syarat tambahan berupa Foto 3×4 sebanyak 5 lembar dan Materai 3 lembar.

Petugas Bank akan langsung memproses pendaftaran haji sehingga menerbitkan Validasi BPIH dari BRI Syariah untuk dibawa ke Kantor Kemenag untuk melakukan proses pendaftaran selanjutnya dan mendapatkan nomor porsi keberangkatan haji.