Cara Kirim Uang Lewat Pos Indonesia

Kirim Uang lewat Wesel Pos Indonesia

Pos Indonesia merupakan perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa ekspedisi dan jasa keuangan yaitu dengan menawarkan pengiriman barang sekaligus melayani transaksi seperti pembayaran kredit, menabung di btn batara pos, dan juga bisa kirim dan terima uang melalui produk wesel pos dan western union.

Yang akan saya bahas saat ini yaitu mengenai produk pos indonesia yang melayani masyarakat mengirim uang menggunakan wesel pos instan. Ya, benar kalian bisa kirim uang dan terima uang ke orang lain.

Misalnya, anda sekarang tinggal di jogjakarta dan orangtua anda ada di bandar lampung. Anda ingin mengirim uang untuk orangtua anda maka selain menggunakan transfer bank anda bisa kirim uang lewat pos Indonesia.

Jadi walaupun orangtua anda tidak memiliki rekening atau atm bank maka tetap bisa menerima uang yang anda kirimkan. Adapun untuk cara mengirim uangnya akan saya jelaskan secara detail dalam posting di blog ini, jadi anda jangan khawatir.

Simak terus tulisan saya !

Perlu anda ketahui bahwa, penggunaan jasa pengiriman uang wesel pos instan akan dikenakan biaya, biaya administrasi dibebankan kepada si pengirim jadi penerima tidak perlu membayar uang admin. Biaya administrasi pengiriman berdasarkan jumlah uang yang ingin anda kirim.

  • Kirim uang Rp 200 ribu, biaya administrasinya Rp15.ribu
  • Kirim uang Rp 201 ribu – Rp 5 juta, biaya administrasinya Rp 27 ribu.
  • Pengiriman uang Rp 5.001.000 – Rp 10 juta, biayanya mencapai Rp 30 ribu,
  • Pengiriman uang Rp 10.001.000 – Rp 20 juta, dikenakan biaya Rp 35 ribu.

Berapa uang maksimal yang bisa dikirim melalui wesel pos? 

Anda dapat mengirim uang melalui wesel pos instan maksimal hanya Rp 20 juta saja, jika anda ingin mengirimkan uang lebih dari 20 juta maka harus 2 kali transaksi.

Misalnya, anda ingin mengirim uang kepada ibu anda sebesar Rp35 juta, maka anda bisa membaginya. Dikirim Rp20 juta dulu, kemudian selanjutnya mengirim Rp15 juta sisanya. Jadi 2 kali transaksi dan juga dikenakan 2 kali biaya administrasi.

Bagaimana Cara Kirim Uang lewat Wesel Pos tersebut?

Syarat untuk mengirim dan menerima uang maka pengirim dan penerima uang wajib memiliki nomor hp aktif, karena pada saat pengiriman. Anda dan penerima akan mendapatkan PIN khusus sebagai data verfikasi, dimana penerima dapat menunjukan PIN yang telah di SMS dan KTP sebagai identitasnya.

  1. Datanglah ke Kantor Pos terdekat dengan membawa uang yang ingin dikirim
  2. Mengisi Formulir Pengiriman uang melalui Wesel Pos
  3. Pergi ke Petugas Pos (jika ramai maka anda harap antri).
  4. Serahkan Formulir dan uang anda kepada petugas untuk di proses
  5. Anda akan mendapatkan Nomor Transaksi Pusat (NTP) dan PIN.
  6. NTP dan PIN ini merupakan kunci bagi penerima untuk mengambil uang.
  7. Beritahu kepada penerima bahwa anda telah mengirim uang.
  8. Penerima dapat mengambil uang di kantor pos terdekat.
  9. Penerima wajib menunjukan KTP dan NTP serta PIN.

Bagaimana? Sangat simpel sekali bukan mengirim uang lewat kantor pos.

Dengan wesel pos anda dapat mengirim uang secepat mengirim sms, jadi ketika transaksi anda sudah selesai di proses dan anda telah mendapatkan NTP dan PIN maka penerima bisa langsung mengambil uangnya. Pastikan anda datang dan penerima datang pada jam kerja kantor pos yang sudah ditetapkan.

Baca Juga : Jam Kerja Kantor Pos