Cara Membuat SKCK untuk Daftar Gojek dan Uber

Membuat SKCK di Polres

Jika anda ingin mendaftar Gojek atau Uber maka akan diminta melengkapi persyaratan salah satu dari syarat yang dibutuhkan yaitu melampirkan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), tanpa SKCK anda tidak bisa mendaftar menjadi driver gojek atau lainnya.

Jika memang anda memiliki keinginan untuk mendaftar gojek, grab atau uber maka anda bisa membuat SKCK terlebih dahulu ke POLSEK atau POLRES tempat dimana anda tinggal. SKCK yang anda buat berlaku selama 6 bulan sejak tanggal diterbitkan surat tersebut.

Sebelum anda membuat SKCK ke POLRES atau POLSEK anda harus melengkapi persyaratan yang diperlukan, beberapa diantaranya yaitu : KTP, KARTU KELUARGA, AKTA KELAHIRAN, FOTO 4×6 dan SURAT DOMISILI dari Kelurahan.

Lengkapi persyaratan di atas dengan beberapa rangkap barang kali di perlukan berkas tambahan sehingga tidak membuat anda bolak-balik ke fotocopy. 

Baca Juga : Membuat Surat Keterangan Domisili dari Kelurahan

Persyaratan yang telah saya sebutkan di atas adalah syarat mutlak yang tidak bisa ditawar lagi, jika anda kurang dari salah satunya maka anda permohonan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) tidak akan di proses. Jika semua perlengkapan sudah lengkap maka anda bisa pergi ke kantor Polres atau Polsek setempat.

Silahkan anda pergi ke kantor Polres atau Polsek pada hari kerja yaitu Senin – Jumat (pukul : 08.30-15.00), sesampainya di kantor Polres atau Polsek anda langsung ke loket pengajuran SKCK dengan memasukan berkas persyaratan yang telah dilengkapi untuk mendaftar dan anda akan diminta untuk mengisi formulir.

Selanjutnya, anda akan diminta untuk pengambilan sidik jari, dalam hal ini ada biaya untuk pengambilan sidik jari sebesar Rp5000 (tergantung kebijakan polres atau polsek setempat). Setelah proses sidik jari, anda langsung mengumpulkan berkas-berkas dan membayar biaya administrasi.

Silahkan tunggu beberapa menit untuk menunggu panggilan, jika SKCK sudah selesai (jadi) maka akan langsung di berikan kepada anda, dan SKCK ini dapat anda gunakan sebagai syarat untuk mendaftar menjadi driver gojek, driver uber dan driver grab di Bandar Lampung.


Leave a Reply