Cara Mengatur Sleep Otomatis Pada Laptop Windows 7

Settingan laptop default biasanya jika dibiarkan dalam waktu beberapa menit akan “sleep secara otomatis“. Jika tidak maka perlu menyeting sendiri, ada pengaturan tersendiri melalui kontrol panel, tapi ada juga orang yang ga mau di setting sleep otomatis jika laptopnya di diamkan.

Kalau menurut saya di atur agar sleep secara otomatis itu penting, karena terkadang saat saya menggunakan laptop pada malam hari sering tertidur sebelum mematikannya. Karena kalau laptop dibiarkan hidup sampai pagi lama-kelamaan bisa rusak.

Saat komputer dalam keadaan sleep / tidur semua aktifitas yang pernah dikerjakan tersimpan di dalam proses RAM sehingga saat di hidupkan lagi, pengguna masih dapat melanjutnya aktifitas kerjanya, jadi tidak perlu mengulang lagi dari awal.

Kita dapat mengatur laptop sleep secara otomatis mungkin jika dalam 5 menit tidak digunakan, dalam 10 menit tidak digunakan , atau dalam 30 menit tidak digunakan atau dalam waktu 1 jam tidak digunakan akan mati dengan sendirinya (mati dalam kondisi sleep).

Untuk mengatur waktu jeda ketika laptop dibiarkan atau tidak digunakan, laptop akan mati (sleep) secara otomatis. Adapun untuk cara settingnya akan saya tunjukan, silahkan anda perhatikan gambar yang telah saya lampirkan pada halaman ini.

Cara Mengatur Sleep Otomatis Pada Laptop Windows 7

Setting Laptop Agar Sleep Otomatis

Setting Laptop Agar Sleep Otomatis

  1. Buka Start > Masuk ke Control Panel
  2. Pilih Hardware and Sound
  3. Pilih Power Options
  4. Edit Choose when to turn off the Display

Setelah masuk ke menu seperti gambar diatas, selanjutnya saya mengatur jeda waktu yang ingin digunakan ada “turn off the display” dengan waktu 5 menit. Jadi ketika saya tidak menggunakan laptop dalam waktu 5 menit maka laptop saya akan sleep atau mati dengan sendirinya, dan saya tetap dapat melanjutnya aktifitas yang sebelumnya.

Dengan begitu, ketika saya menggunakan laptop pada malam hari dan ketiduran, laptop saya akan tetap aman (tidak nyala sampai pagi), karena dengan disetting begini akan mati secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah saya atur. Silahkan anda mencobanya, agar laptop tidak cepat rusak.

Karena jika laptop terus menyala, laptop akan mengalami panas. Terutama keping Hardisk yang terus berputas selama laptop itu dalam kondisi on.