Cek Jumlah Channel RAM Aktif pada Komputer menggunakan CPU-Z

Pada umumnya, sekarang ini laptop atau perangkat komputer memiliki jumlah RAM yang cukup besar dan terpasang dalam beberapa keping RAM. Seperti Laptop saya yang sebelumnya hanya 1 Keping RAM 2GB kini sudah saya tambah 1 keping lagi ukuran 2GB jadi total RAM Laptop saya adalah 4GB.

Ada beberapa alasan seseorang menambah RAM pada perangkat komputer atau laptopnya, tentunya untuk menambah performa komputer menjadi lebih cepat apalagi jika mengakses software-software multimedia seperti Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Premier, dan sebagainya.

Begitu pula dengan saya, alasan saya menambah RAM karena saya selalu menggunakan software Android Studio untuk membuat aplikasi android dan Pinnacle Studio yang saya gunakan untuk mengedit video yang akan saya upload ke Youtube.

Apakah anda melakukan hal yang sama yaitu menambah memory untuk keperluan tertentu, kebanyakan orang menambah RAM untuk bermain game. Biasanya ada fitur dual channel atau triple channel atau lebih sebagai cara memaksimalkan performa memori komputer atau sebuah laptop.

Baca Juga : Cara Menambah Kapasitas RAM Laptop 2Gb Menjadi 4Gb

Apabila anda telah memasuk lebih dari 1 keping RAM darimana kita mengetahui bahwa fitur channel tersebut telah aktif, untuk itu saya akan cek jumlah channel yang aktif pada laptop saya setelah saya menambahkan 1 keping ram tanpa harus mengoprek-oprek bios yaitu menggunakan program CPU-Z.

Perhatikan Gambar berikut :

Cek Jumlah Channel Aktif

Cek Jumlah Channel Aktif

Jika anda telah menginstall Software CPU-Z pada Laptop maka silahkan Jalankan aplikasinya dan pilih tab menu “Memory”. Menggunakan software ini kita dapat mengetahui spesifikasi memori komputer atau laptop dan tentunya informasi mengenai channel memori juga tersedia disini.

Bisa anda lihat setelah saya menjalankan program CPU-Z, tampak pada gambar diatas bahwa dual channel RAM pada laptop yang saya gunakan telah berstatus aktif. Bagaimana dengan laptop atau komputer anda? apakah status channel ram telah aktif setelah anda menambah lebih dari 1 keping RAM.