Cara Cek Perkiraan Berangkat Haji

Cek Perkiraan Berangkat Haji

Bagi yang ingin melaksanakan ibadah haji maka harus melakukan registrasi ke Kementerian Agama melalui proses dan prosedur yang telah di tetapkan, dimana calon jamaah haji harus membuka rekening haji di bank syariah (BPIH) untuk menyetorkan biaya daftar haji sebesar Rp25 juta perorang.

Setelah membuka rekening tabungan haji dan menyetorkan uang Rp25 juta maka selanjutnya mintalah kode validasi untuk pendaftaran haji di kantor kemenag sesuai dengan daerah domisili. Misalnya : Saya tinggal di Tulang Bawang Barat maka saya harus daftar ke Kankemenag Tulang Bawang Barat, jika ingin daftar di kemenag daerah lain maka anda harus pindah domisili terlebih dahulu.

Di Kantor Kemenag anda akan menjalani proses pendaftaran dengan mengisi formulir, menyerahkan persyaratan daftar haji, sidik jari dan foto. Setelah data dan syarat anda telah lengkap, maka pendaftaran akan di proses oleh Petugas Kemenag dan anda akan langsung mendapatkan lembar SPPH yang berisi data diri dan nomor porsi keberangkatan haji.

Contoh Lembar SPPH dari Kementerian Agama :

Anda akan mendapatkan 2 lembar SPPH, yang lembar pertama (1) harus anda simpan dengan baik, akan diperlukan saat keberangkatan tiba nanti dan untuk lembar kedua (2) harus anda berikan ke BPIH yaitu bank syariah tempat anda membuka rekening tabungan.

Pada lembar tersebut tertulis nomor porsi keberangkatan haji pada bagian pojok kanan atas, anda bisa cek keberangkatan haji anda menggunakan nomor tersebut melalui website haji kementerian agama, atau bisa juga masukan nomor nya pada kolom di bawah artikel ini.

Cara Cek Nomor Porsi melalui Website Haji Kementerian Agama

  • Buka Website http://haji.kemenag.go.id/v3/node/955358
  • Masukan Nomor Porsi yang ada di SPPH anda
  • Klik CARI
  • Sistem Akan menampilkan Data Keberangkatan Anda.

Anda juga bisa memasukan nomor Porsi dibawah ini :

Masukan Nomor Porsi Anda *