Cara Daftar Haji Reguler 2017 di Lampung

Ibadah Haji merupakan salah satu ibadah yang ada didalam rukun islam, ibadah haji wajib dilaksanakan bagi umat muslim yang mampu dari biaya dan bekal. Untuk itu bagi anda yang mampu dari segi biaya maka segeralah mendaftar ibadah haji sekarang juga, apalagi saat ini masa tunggu keberangkatan yang cukup lama.

Ketika kita mendaftar haji, tidak akan langsung berangkat melainkan harus antri dengan menunggu waktu beberapa tahun terlebih dahulu. Maka dari itu ketika kita memiliki biaya untuk pendaftaran haji maka segeralah mendaftar agar bisa berangkat lebih awal, mengingat waktu tunggu yang semakin lama dan umur semakin tua.

Alhamdulillah, dalam kesempatan hari ini saya sudah mendaftar haji ke Kemenag bersama Istri. Maka dari itu saya akan memberikan informasi mengenai cara daftar haji 2017 seperti yang sudah saya lakukan.

Cara Daftar Haji di Lampung

Saya tinggal di Provinsi Lampung di Kabupaten Tulang Bawang Barat, itu artinya saya hanya bisa mendaftar ibadah haji di daerah sendiri. Begitu juga dengan anda, anda hanya bisa daftar ibadah haji di Kemenag Kabupaten tempat tinggal anda, jika anda ingin daftar di daerah lain maka anda perlu pindah domisili ke daerah tersebut.

Syarat yang harus di lengkapi untuk daftar haji yaitu kita harus memiliki tabungan khusus haji di Bank Syariah. Anda bebas memilih bank syariah mana saja untuk membuka tabungan haji, kalau saya menggunakan tabungan haji di BRI Syariah.

Baca Juga : Buka Tabungan Haji di BRI Syariah

Biaya daftar haji saat ini Rp25 juta maka setorkan uang sejumlah biaya pendaftaran ke tabungan haji yang sudah anda miliki di bank syariah. Setelah saldo tabungan anda mencukupi untuk daftar haji, maka selanjutnya anda bisa minta ke Bank tersebut untuk memproses pendaftaran dan mendapatkan surat validasi BPIH yang akan dibawa ke kantor Kemenag.

Validasi BPIH BRI Syariah

Validasi BPIH BRI Syariah

Selanjutnya bawa surat validasi dari BPIH (dalam hal ini adalah Bank Syariah tempat anda menabung) ke kantor Kemenag beserta persyaratan lainnya yaitu :

  1. Surat Validasi Pembayaran dari BPIH (Bank Syariah)
  2. Surat keterangan Domisili dari kelurahan,
  3. Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas,
  4. Foto Copy buku nikah,
  5. Fotocopy KTP,
  6. Fotocopy Akte Kelahiran,
  7. Fotocopy Kartu Keluarga,
  8. Fotocopy Buku Tabungan,
  9. Foto 3×4 80% wajah dengan latar belakang putih 10 lembar.

Saat di Kantor Kemenag

Kantor Kemenag buka setiap hari senin s.d jumat dari pukul 08.00 – 15.00 Wib, bawa semua persyaratan yang telah saya sebutkan diatas. Kemudian, sesampai di kantor Kemenag bilang saja mau daftar haji (serahkan semua persyaratannya beserta surat validasi dari BPIH).

Selanjutnya, isi formulir pendaftaran ibadah haji yang telah disiapkan. Setelah itu serahkan kepada petugas pendaftaran haji, petugas akan langsung memproses pendaftaran anda termasuk foto dan pengambilan sidik jari. Ketika proses sudah selesai maka anda akan mendapatkan SPPH (Surat Pendaftaran Pergi Haji) yang harus anda simpan dan harus anda berikan ke BPIH (Bank tempat anda membayar).

SPPH dari Kemenag

Nomor Porsi ada di pojok kanan atas, itu artinya anda sudah terdaftar secara resmi di Kemenag untuk menunggu keberangkatan sesuai dengan urutannya. Anda bisa cek di Situs kemenang untuk jadwal keberangkatan dengan memasukan nomor porsi yang tertera pada lembar SPPH. (tidak ada biaya administrasi saat mendaftar haji di kemenag).

Saya dan Istri mendaftar bulan Mei 2017 dan akan berangkat 2030. Karena Berdasarkan informasi jika anda mendaftar di tahun 2017 maka anda akan menunggu keberangkatan yaitu 13 tahun. Itu artinya akan berangkat di tahun 2030 dan kita akan berangkat bareng. (Mudah – mudahan panjang umur).