Dari Bandar Lampung ke Jakarta Naik Sepeda Motor Malam Hari

Ketika pergi ke jakarta ada 3 cara yang biasa saya gunakan melihat keperluan dan waktu, jika tidak terlalu buru – buru biasa saya naik sepeda motor untuk pergi ke jakarta dan ini bukan untuk yang pertama kalinya bahkan sangat sering sekali. Walau dengan waktu tempuh kurang lebih 9-10 jam dari bandar lampung tetap menyenangkan. 

Menurut pengalaman ke jakarta naik motor dari Lampung paling nyaman itu jalan di malam hari karena di jalan tidak terlalu ramai hanya mobil – mobil besar yang lewat saat itu tapi tidak banyak, sehingga perjalanan menjadi lebih cepat dan suhu juga tidak panas alias dingin maka perlu menggunakan jaket tebal.

Sepeda motor yang saya gunakan yaitu motor bebek Yamaha Vega R tentunya dengan kondisi prima mulai dari rantai, ban, aki motor, rem, lampu – lampung, dan mesin yang paling utama. Berangkat pada waktu magrib dan sampai di jakarta pada pukul 3 – 4 pagi, dengan kecepatan rata – rata 60 – 80 km/jam dan juga didukung kapal laut yang kita gunakan saat menyebrang bakauheni ke merak.

Untuk bensin yang saya habiskan menggunakan Vega R hanya 2 kali isi full tank di pom pertamina, kira – kira 7 Liter (Rp50.000), dan itupun masih sisa cukup banyak. Selama perjalanan hal yang harus dijaga yaitu rasa ngantuk, maka untuk mensiasatinya ketika menyebrang manfaatkan untuk tidur saat berada di kapal ferry, cari ruangan yang paling nyaman seperti ruang lesehan ber-AC.

Untuk rute jalan sangat mudah sekali karena disetiap daerah ada petunjuk jalan arah jakarta atau tangerang, yang jelas jangan ikuti petunjuk arah TOL, karena sepeda motor dilarang lewat TOL. Jika masih mengalami kesulitan biasanya bagi yang pertama kali bisa menggunakan petunjuk GPS Digital atau GPS Lokal (Gunakan Penduduk Setempat). Baca juga : Tiket Penyebrangan Bakauheni Merak untuk Sepeda Motor