Dari Terminal Ubung ke Pelabuhan Gilimanuk Bali

saat di terminal ubung bali

Tadinya sih berencana mau naik Pesawat, tapi berhubung gw mau cari pengalaman baru, gw meninggalkan bali dengan cara melewati jalur darat. #Padahal lagi Ngirit xixixi sebelum ke kota Malang, gw pingin pergi ke Banyuwangi terlebih dahulu untuk mengunjungi salah satu destinasi terkenal dengan kawah belerang, apalagi kalau bukan Puncak Kawah Ijen yang memiliki keindahan tersediri dibalik kawah nya.

Nah berhubung gw dari Tanah Lot ketika hendak ke banyuwangi menggunakan transportasi umum (bus umum) maka perlu ke terminal ubung terlebih dahulu. Bisa memilih bus mana yang hendak ditumpangi, karena banyak pilihan dengan harga murah ber-AJ (Angin Jendela) sampai harga yang tinggi ber-AC (Air Conditioner). Karena judulnya cari pengalaman baru alias Ngirit gw pilih Bus yang memiliki fasilitas AJ.

karena ngeliat bus AJ yang ada di terminal sepi penumpang , bisa bisa bakalan nunggu lama, maka gw putuskan untuk nunggu diluar jalan yang dilintas bus tersebut. Tak lama dari situ ada salah satu bus yang sudah jalan menuju menuju ke Gilimanuk. Ongkos bis umum tanpa AC ini hanya Rp35ribu saja, kalau mau yang AC ongkosnya Rp60.000 sampai di pelabuhan Gilimanuk.

Karena sepi penumpang gw di oper ke mobil lain di Terminal Negara Bali, sudah biasa dioper – oper begini, Resikonya naik Bus Umum, tapi tenang aja perjalanan Aman kok. Dan ini cukup berkesan, karena ini menjadi sebuah cerita yang menarik untuk ditulis. Perjalanan dari Terminal Ubung ke Gilimanuk sekitar 3-4 Jam perjalanan, karena bisa yang gw naiki jalannya cukup santai.

Setelah sampai di Pintu Gerbang Pelabuhan Gilimanuk, gw langsung menuju loket untuk membeli tiket penyebrangan ke pelabuhan ketapang banyuwangi dan siap untuk pergi ke Kawah Ijen.