Denda Telat Bayar Pajak Motor

bayar pajak motor di tulang bawang barat

Saya memiliki sepeda motor matic merek Vario 125 dengan plat dari kabupaten Tulang Bawang Barat. Plat kab. tulang bawang barat berakhiran dengan huruf Q. Contoh : BE1123QF | Huruf QF dibelakang merupakan asal pajak dari tulang bawang barat.

Pemilik kendaraan sepeda motor memiliki kewajiban untuk membayar pajak stnk setiap tahunnya, sesuai dengan tanggal kadaluarsa yang tertera pada stnk motor. Dan setelah 5 tahun, kita diharuskan untuk mengurus kembali untuk pergantian plat.

Karena saya tinggal di Bandar Lampung terkadang saya lupa untuk bayar pajak, pajak motor saya jatuh pada bulan Maret tapi sampai bulan Oktober pajak belum saya bayar. Mungkin, anda mengalami hal yang sama dengan saya, yaitu telat bayar pajak motor.

Karena sudah 8 bulan tidak bayar pajak maka saya menyempatkan diri untuk pulang ke tulang bawang barat untuk bayar pajak motor vario yang saya miliki. Saat akan membayar pajak motor tahunan, syarat yang harus dilengkapi yaitu diantaranya :

  1. STNK Lama
  2. KTP Asli
  3. BPKB Asli

Banyak yang bilang, kalau denda telat bayar motor 2 bulan atau beberapa bulan maka dianggap telat 1 tahun. Begitu juga kalau telat 3 tahun maka tetap dianggap telat 1 tahun. Ternyata setelah saya cari informasi anggapan tersebut salah. Apabila pemilik kendaraan telat bayar pajak motor maka ada hitungannya.

Berikuti ini merupakan cara menghitung denda telat pajak motor 1 tahunan :

Perlu anda ketahui bahwa denda PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) keterlambatan selama 1 hari – 1 bulan yaitu sebesar 25%. Namun apabila anda telat bayar lebih dari 1 bulan maka dikenakan denda sebesar 25% + [ (jumlah bulan terlambat-1) x 2% ]


Leave a Reply