Ganti Kartu ATM BRI menjadi Kartu ATM Chip

Saya memiliki rekening tabungan simpedes di bank BRI, syarat untuk membuka rekening tabungan ini sangat mudah hanya membawa KTP dan setoran awal minimal Rp100.000 dan saat rekening sudah jadi saya mendapatkan kartu ATM.

Kartu ATM BRI yang saya gunakan sebelumnya adalah berwarna biru (ATM BRI Classic), yang menggunakan pita magnet sebagai indikator transaksi lewat ATM atau mesin EDC. Tapi karena banyak kejadian skimming maka sekarang saya ganti dengan kartu atm chip.

BRI telah menghimbau kepada seluruh nasabah untuk segera melakukan migrasi atau mengganti kartu atm yang lama dengan kartu atm yang baru yang telah menggunakan teknologi chip seperti gambar berikut:

kartu atm bri chip

Kartu BRI yang telah menggunakan chip katanya lebih aman dari tindak kejahatan yang terjadi belakangan ini. Maka dari itu saya memutuskan untuk mengganti kartu atm demi keamanan rekening tabungan.

Tentu kita gak maukan, saldo rekening tabungan kita di kuras habis sama penjahat. Kalau nominal nya gak terlalu besar sih gak masalah, tapi kalau saldo yang ada dalam rekening tabungan mencapai ratusan juta maka perlu mengganti kartu atm dengan teknologi chip seperti yang telah dihimbai BRI.

Perlu anda ketahui bahwa mengganti kartu ATM yang lama dengan kartu atm chip tidak akan dikenakan biaya. Dan proses perggantian kartu hanya dapat dilakukan dikantor cabang tempat anda membuka rekening tabungan pertama kali atau dikantor cabang utama.

Saat anda pergi ke kantor cabang untuk mengganti kartu atm maka perlu membawa beberapa persyaratan sebagai berikut :

  1. membawa KTP dan Fotocopy KTP
  2. membawa buku tabungan dan Fotocopy buku tabungan
  3. membawa kartu ATM yang lama

Sesampainya di kantor cabang BRI, maka anda bisa langsung mengambil nomor anterian ke customer service (bukan teller), karena sering banget melihat nasabah yang salah ambil nomor anterian.

Ganti kartu ATM membutuhkan waktu hanya sekitar 15 sampai 30 menit, anda akan diminta untuk mengisi dan menandatangai formulir permohonan ganti kartu atm. Kartu atm chip yang baru setelah jadi bisa langsung digunakan untuk transaksi lewat mesin ATM.

Dengan menggunakan kartu ATM berteknologi chip kita menjadi lebih tenang karena rekening tabungan menjadi lebih aman dari skimming. Jika anda belum mengganti kartu atm yang lama maka segeralah ganti dengan yang baru, karena ganti kartu atm chip tidak dikenakan biaya alias gratis.


Leave a Reply