Grabcar: Nilai Penyelesaian dipengaruhi Penumpang Iseng yang Cancel Order

Syarat Insentif Grabcar Sangat Merugikan

Sudah 1 bulan ini saya bergabung menjadi mitra pengemudi grabcar, untuk merasakan bagaimana suka dan duka nya menjadi seorang driver grab. Berbagai hal telah saya fahami mulai dari penggunaan aplikasi grab untuk mendapatkan hingga menyelesaikan order dan juga mengenai insentif atau bonus yang ditawarkan grab.

Grab menawarkan bonus atau insentif kepada driver grabcar yang ada di Lampung dengan nilai yang cukup besar, yaitu target minimal 7 perjalanan akan mendapatkan bonus Rp80.000, dan maksimal 25 perjalanan dengan total bonus Rp325.000, namun tidak mudah mendapatkan itu walaupun sudah menyelesaikan target perjalanan karena ada syarat yang harus di penuhi.

Salah satu syarat yang harus di penuhi oleh Driver Grabcar untuk bisa mendapatkan bonus harian dan garansi jam sibuk maka driver harus memiliki nilai penyelesaian minimal 70%, apabila nilai penyelesaian ini dibawah 70% maka pengemudi tidak akan mendapatkan hak bonus yang dijanjikan walaupun telah menyelesaikan 25 perjalanan sekalipun.

Nilai penyelesaian dihitung harian berdasarkan order yang terjadi pada hari itu, beberapa hal yang mempengaruhi berkurangnya nilai penyelesaian adalah :

  1. Driver tidak segera menerima order yang masuk dalam 10 detik
  2. Driver membatalkan order dengan sengaja atau tidak sengaja
  3. Penumpang membatalkan orderannya karena kesalahan Driver
  4. Penumpang Iseng yang memesan dan tiba-tiba membatalkan Pesanan

Baiklah, saya terima semua hal yang mempengaruhi berkurang nilai penyelesaian itu kecuali untuk Poin nomor 4 yang menurut saya perlu dipertimbangkan oleh Pihak Management Grab. Karena poin ini sangat merugikan bagi driver yang tidak bersalah.

Bagaimana tidak?

Driver terancam tidak mendapatkan bonus karena order iseng dari penumpang yang tiba-tiba membatalkan order nya (tanpa sebab). Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa hal ini mempengaruhi nilai penyelesaian, semakin banyak penumpang iseng yang masuk maka nilai penyelesaian driver akan menjadi turun.

Begitulah hal yang saya alami, dan saya merasa keberatan terhadap poin nomor 4 ini.

Author: Sandi Prayoga

Sandi Prayoga S.Kom | Blogger asal Lampung yang telah lama berkecimpung dalam dunia Blogger. Email : [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.