7 Gunung di Jawa Timur yang Menarik untuk didaki

Gunung Di Jawa Timur

Mendaki gunung saat ini menjadi salah satu aktivitas yang cukup digemari bagi anak muda untuk merasakan keindahan alam dari sisi yang berbeda, memang benar pemandangan diatas gunung sungguh sangat menakjubkan.

Di Indonesia sendiri banyak sekali gunung yang menarik untuk didaki, seperti gunung rinjani, gunung semeru, dan sebagainya. Setiap gunung menyuguhkan keindahan dan tantangan yang berbeda bagi para pendaki.

Dalam kesempatan ini, saya akan menyampaikan 7 gunung di jawa timur yang bisa menjadi daftar pendakian kalian. Sebelum manaklukan gunung didaerah lain, alangkah baiknya untuk menengok indahnya pemandangan dari gunung yang ada di jawa timur.

1. Gunung Semeru, Gunung Tertinggi ditanah Jawa

Gunung Semeru menjadi salah satu gunung tertinggi di jawa, gunung ini kerap menjadi tujuan para traveler yang memiliki hobi mendaki gunung. Tak heran, jika kita melakukan pendakian akan menjumpai banyak pendaki terutama diwaktu libur.

Ketinggian gunung semuru mencapai 3676 mdpl, sebelum melakukan pendakian kalian perlu mendapatkan izin terlebih dahulu. Karena semeru menjadi daftar gunung aktif yang perlu diwaspadai dikhawatirkan tiba-tiba mengeluarkan lava panas.

Start pendakian dimulai dari Ranu Pani menuju pos kalimati yang menempuh jarak kurang lebih 18 km, medan yang ditempuh dari ranu pani ke pos kalimati cukup ramah dan tidak bergitu terjal.

Ada 3 danau yang bisa kalian kunjungi saat melakukan pendakian gunung semeru yaitu ranu kombolo, ranu pani, ranu regulo.

2. Gunung Bromo, Sangat elok dan mudah mendakinya

Gunung bromo merupakan gunung aktif yang ada di Jawa Timur yang memiliki ketinggian hingga 2329 mdpl, gunung ini menjadi destinasi wisata yang populer di Indonesia sehingga wajar jika setiap tahunnya jumlah pengunjung selalu meningkat.

Saat pergi ke gunung bromo hal terpenting yang harus kalian perhatikan adalah pakaian, karena suhu udaranya begitu dingin antara 3-20 derajat celcius maka kalian perlu menyiapkan pakaian hangat, sarung tangan, syal hingga kupluk.

Di Gunung bromo kalian akan melewati lautan pasir, banayk orang menyebutnya dengan nama Pasir berbisik, Nikmati, keindahan sunrise di gunung bromo, kalian harus pergi sekitar jam 1-3 pagi buta.

3. Gunung Ijen, Punya Blue Fire dan Bau Khas Belerang

Ketika kalian pergi ke banyuwangi atau bondowoso maka sempatkan diri untuk mendaki gunung ijen, gunung ini memiliki ketinggian mencapai 2443 mdpl.

Pendakian menuju kawah ijen dibilang cukup mudah dan tidak terjal, untuk mendapatkan moment blue fire kalian harus pergi mendaki jam 2-3 malam.

4. Gunung Lawu, Cocok untuk Latihan Pendaki Pemula

Sebelum mendaki gunung tertinggi di jawa timur atau gunung tertinggi lainnya, maka kalian perlu melakukan pemanasan dengan mendaki gunung lawu, ketinggian gunung ini adalah 3.265 mdpl.

Jalur pendakian gunung lawu masih dibilang cukup mudah sehingga cocok sekali bagi para pendaki pemula sebelum mendaki gunung lainnya. Letak gunung lawu berada di perbatasan Jawa Tengan dan Jawa Timur.

5. Gunung Raung di ketinggian 3.332 mdpl.

Gunung ini memiliki jarak tempuh menuju puncak sekitar 17 km, kalian harus memiliki nyali dan pantang menyerah karena untuk menuju puncak kamu harus melewati bebatuan terjal selama 5-6 hari.

Karena gunung ini sangat terjal maka tidak direkomendasikan untuk para pendaki pemula, karena memang dibutuhkan niat dan tekat yang kuat, serta memiliki fisik dan kemampuan mendaki yang mumpuni.

6. Gunung Argopuro, Gunung yang terkenal Angker

Gunung ini mungkin terkenal dengan keangkerannya, tapi walau begitu menjadi salah satu gunung di jawa timur yang cocok buat menguji keberanian para pendaki sejati.

Gunung ini memiliki ketinggian 3088 mdpl, kalian akan melewati padang sabana cikasur saat melakukan pendakian jaluar Baderan. Tak hanya itu, kalian juga akan melihat keindahan danau taman hidup, disini kamu bisa memanfaatkannya untuk memancing.

7. Gunung Arjuno yang Bersandingan Gunung Welirang

Kedua gunung ini letaknya bersebelahan seakan akan mereka adalah pasangan yang tidak bisa dipisahkan. Gunung Arjuno memiliki ketinggian 3.339 mdpl sedangkan Gunung Welirang memiliki ketingian 3.156 mdpl.

Ada 4 jalur yang dapat kita lalui untuk mendaki kedua gunung tersebut, yaitu jalur Tretes, Lawang, Purwosari, dan dari kota Batu. Tiap jalur punya keunikan masing-masing. Tretes, misalnya. Meski jalur ini berat, tapi punya sumber air yang melimpah.

Baca Juga: 9 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula


Leave a Reply