Jalan – Jalan ke PT. Tirta Investama (AQUA) Cianjur

Weekend memang enaknya jalan – jalan, kali ini saya ikut jalan – jalan ke cianjur bersama @IDBlogNetwork ke Perusahaan AQUA (PT. Tirta Investama) untuk melihat proses produksi air mineral AQUA dalam kemasan botol. Begitu sampai Perusahaan AQUA yang berada di Jl.Raya Sukabumi-Cianjur Km.15 Kecamatan Gekbrong memiliki luas lahan 12 hektar langsung diberikan briefing safety dan mengisi form health kuisioner sebelum masuk ke bagian produksi.

Tim AQUA, bapak Agus memberikan pengenalan tentang AQUA. Dimana AQUA diproduksi dari sumber mata air gunung pilihan yang ada di Cianjur, dengan mata air bawah tanah dangkal. Kemudian air disuling masuk kedalam pipa dan disaring dengan penyaring khusus yang memiliki ukuran filter 10 micron sehingga lumpur tidak bisa masuk. Kemudian air dilakukan proses ozonisasi untuk bisa mendapatkan air yang steril dan bisa dikonsumsi.

Air yang telah berhasil diolah dan layak dikonsumsi selanjutnya masuk ke bagian pengemasan dengan botol ukuran 600ml dan 330ml. Botol aqua sendiri dibuat dengan bahan khusus yang aman dan steril dari bakteri. Setelah masuk kedalam botol dilakukan labelisasi dan pengepakan kedalam kardus. Semua proses dilakukan dengan mesin yang sudah diprogram. PT. Tirta Investama dapat memproduksi 7000 kemasan dalam 1 jam yang siap.

pabrik produksi aqua cianjur

pabrik produksi aqua cianjur

Sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan agar air tidak tercemar dan tetap sehat, AQUA mengajak penduduk sekitar untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, dimana warga diajak untuk mengumpulkan dan memisahkan sampah antara organik dan an-organik untuk didaur ulang kembali. Sampah Organik dijadikan pupuk dan an-organik di jual ke pabrik daur ulang.

dan Limbah hasil dari produksi Air AQUA diolah lagi sebelum dibuang ke air permukaan. Dilakukan proses netralisasi ditempat khusus agar limbah AQUA bisa dibuang dan tidak mencemari lingkungan. Begitulah sedikit informasi singkat yang saya dapat saat jalan – jalan ke Pabrik AQUA di Cianjur.


Leave a Reply