Jalan – Jalan ke Pura Ulun Danu Beratan Bedugul

Sampai juga gw dibali, sebenernya gw ke bali udah yang ke 4 kalinya, tapi dengan keperluan yang berbeda. Berhubung gw sudah wisuda jadi waktu gw lebih banyak, gw juga baru aja dari Lombok karena gw lewat darat jadi nya singgah dulu di Bali, lumayankan untuk sedikit pergi ke beberapa tempat wisata yang belum pernah gw kunjungi. 

Gw coba pergi jalan – jalan ke bedugul, gw pingin ke pure yang gambarnya ada di duit gocap (50ribu) namanya Pura Ulun Danu Beratan, salah satu destinasi wisata favorit di Pulau Bali buktinya sudah masuk dalam daftar Wonderful Indonesia.

pura ulun danu beratan di bali

pura ulun danu beratan di bali

 

Namanya juga belum pernah kesana jadinya gw penasaran aja. Kalau dilihat di peta GPS, sekitar 50 kilometer dari kota denpasar dengan jarak tempuh sekitar 1 jam. Itupun Untuk pergi ke sana kita harus naik kendaraan pribadi atau bisa juga sewaan seperti mobil atau sepeda motor, jarang sekali kendaraan umum dengan trayek kesana bahkan hampir tidak ada, Kecuali jika berani numpang – numpang.

Kalau gw saranin sih sewa motor aja dari kota Denpasar atau di seputaran kuta, harga sewa motor di bali untuk 1 hari nya cuma Rp60ribu saja kok, murah banget lah, daripada naik travel atau taxi, dengan kita sewa sepeda motor kita bisa lebih flexibel untuk pergi kesana – kemari. Kalau memang ga tau jalan bisa pakai GPS di hp android, tenang aja di Bali aman kok.

**

Dalam perjalanan menuju Bedugul kita akan disuguhkan pemandangan yang menawan dari ketinggian 850 meter dengan jalan yang bekelok – kelok, kalau saya lihat seperti melwati bukit yang ada di Lombok saat mau ke Gili Trawangan. Itu loh, yang banyak monyet – monyet nya saat kita lewati.

tiket masuk wisata pura ulun danu beratan

tiket masuk wisata pura ulun danu beratan

Akhirnya gw sampai juga di Pura Ulun Danu Beratan. Gw langsung parkir sepeda motor yang gw sewa, dengan membayar uang parkir Rp2000. Kemudian kita langsung menuju Loket untuk membeli tiket masuk pura, harga tiket nya cuma Rp10.000 per orang untuk 1 kali masuk.

Saat pertama kali masuk gw disuguhi dengan taman – taman bunga dan pinus yang indah, di tambah lagi hawa didaerah ini  yang cukup dingin, jadi kita ga perlu pake jaket seperti ketika pergi ke daerah Tanjung Benoa, karena posisinya berada di dataran tinggi Kabupaten Tabanan, bahkan kadang diselimuti kabut jika sudah masuk waktu sore.

***

Sekilas tentang Pura Ulun Danu Beratan Bedugul

pura ulun danu bratan bali

pura ulun danu bratan bali

Merupakan sebuah pura yang dibangun di atas Danau oleh para petani, nama danaunya Danau Beratan atau Danau “Gunung Suci”, Danau ini memiliki luas mencapai 1.607,5 Ha. Para petani sengaja membangun Pura diatas Danau sebagai tempat ibadah mereka, karena Danau tersebut menjadi sumber mata air irigrasi untuk mengairi sawah – sawah,.

Pura Ulun Danu Beratan berdasarkan sejarahnya sudah di bangun sejak 1556, banguanan berarsitekrue Hindu-Budha ini di bangun oleh Raja Raja Mengwi I Gusti Agung Putu. Kalau dihitung umurnya yang jelas tua banget, kalau ga percara hitung aja 2015 – 1556. Pura Ulun Danu Bratan ini terdiri dari empat bangunan suci, yaitu; Pura Lingga Petak dengan tiga tingkat “Meru” sebagai tempat pemujaan bagi dewa Siwa, Pura Penataran Puncak Mangu dengan 11 tingkat “Meru” sebagai tempat pemujaan dewa Wisnu, Pura Teratai Bang sebagai pura utama, dan Pura Dalem Purwa sebagai tempat pemujaan kepada Sang Hyang Widhi dalam manifestasinya sebagai Trimurti. Pura Dalem Purwa ini berfungsi sebagai tempat memohon kesuburan, kemakmuran dan kesejahteraan. (sumber: Wonderfull Indonesia)