Jalan – Jalan ke Tanah Lot Bali

Tak ada bosannya pergi ke pulau bali, pulau yang memiliki cukup banyak destinasi wisata yang bisa di nikmati. Di Bali kita bisa menikmati keindahaan pemandangan pulau Bali dari Puncak Gunung Agung, bisa menikmati keindahan alam Laut di Tanjung Benoa, dan juga bisa menikmati Keindahan Pantai, termasuk salah satunya Tanah Lot, yang kerap dijadikan tujuan wisata bagi rombongan orang yang melakukan study tour dan wisata para karyawan sebuah perusahaan.

Yah, gw juga jalan – jalan ke Tanah Lot berdua dengan temen gw ( namanya: Imam), mungkin ada sebagian traveler menganggap bahwa travelling ke tempat wisata yang sudah tenar atau punya pamor seperti Tanah Lot ini terlalu mainstream, hehehe Bodo Amat lah. Soalnya gw juga belum pernah kesini sebelumnya, lagi pula ingin pergi kemana pun itu terserah diri masing masing toh. Dimana ada kesempatan maka gunakan kesempatan itu.

Sebelum dateng ke bali gw sebelumnya trip ke Lombok untuk mendaki gunung rinjani, setelah turun dan menikmati sedikit wisata yang ada di Lombok, gw langsung menuju bali. Untuk apa? tentunya untuk jalan – jalan tenah lot ini. Berhubung ga ada transportasi umum seperti angkot atau bus umum, gw langsung sewa sepeda motor dari kota Denpasar, cuma Rp60.000 doang dengan lama peminjaman 24 jam, sama seperti sewa motor di Lombok.

wisata pura tanah lot bali tabanan

wisata pura tanah lot bali tabanan

Gw sengaja pilih sewa motor karena lebih murah ketimbang naik Taxi atau Travel. Lagi pula naik motor lebih mudah aksesnya, dan ga terjebak macet, disamping itu juga naik motor bisa lebih flexibel, bisa pergi kemana – mana, misal setelah dari Tanah Lot bisa langsung pergi ke Tanjung Benoa untuk menikmati Snorkeling. Tapi kalau mau gratisan bisa nebeng – nebeng, itupun butuh modal keberanian, Ga sedikit loh backpacker yang melakukan hal demikian.

Karena gw ga ngerti arah (rute ke Tanah Lot) , gw pakai GPS Maps yang sudah gw install di hp Android, tinggal tulis “Tanah Lot Tample” langsung mendapat petunjuk arah. Tapi kalo misalnya baterai hp habis mau ga mau pake GPS Lokal (tanya – tanya orang). Tapi gw selalu siapin power bank saat melakukan perjalanan. Jarak tempuh dari Denpasar ke Tanah Lot kurang lebih sekitar 30-40 Km, atau memakan waktu 1 jam itu pun tergantung kondisi jalan, macet atau tidak.

**

Sesampai di Tanah lot gw langsung ke Loket masuk dan langsung bayar tiket. Untuk tiket masuk ke Tanah Lot cuma Rp10.000 per orang dewasa. Tapi kalau untuk anak – anak cuma Rp. 7.500. Sedangkan kalau bawa sepeda motor bayar parkir cuma Rp2000.

Di Tanah lot gw dan imam sangat menikmati pemandangan, mulai dari pemandangan laut yang terhampar luas dengan gulungan ombak yang cantik , saat itu ada para peselancar yang sedang bermain surfing. Gw dateng ke Tanah Lot dipagi hari jadi ga bisa nikmati detik – detik matahari tenggelam (Sunset), cuma kalau pagi pengunjungnya belum terlalu ramai.

Berhubung Air tidak pasang gw bisa turun untuk mendekati batu pura nya. Saat mau masuk ke suatu bagian pura (kalau ga salah Holy Spring), gw dilarang sama petugas disana, katanya suruh basuh muka dulu dengan air suci dan di percik percik air, terus di kasih beras di jidatnya seperti macam sebuah ritual sakral yang wajib.

ritual wajib tanah lot untuk masuk pura

ritual wajib tanah lot untuk masuk pura

Aiih, berhubung gw muslim, gw ga mau ah digituin #takutsyirik (bisa bisa ngerusak keimanan gw lagi), dimata manusia memang biasa, cuma sekedar, tapi dimata ALLAH?? siapa yang tahu. Mending gw pilih ga  masuk ketimbang di percik – percik air dan dikasih beras.  Tapi kalau kalian mau ya monggo – monggo saja, setiap orang punya hak :D. dan Gwpun langsung pergi saja ke spot yang lainnya.

Sebenernya di Tanah Lot ini ada pusat perbelanjaan untuk membeli oleh – oleh khas Bali. Berhubung gw lagi bokek, gw gak mampir ke pusat perbelanjaannya. Gw cuma beberapa jam aja di Tanah Lot, setelah puas gw langsung ambil motor dan lanjut ke wisata Bali yang lainnya. Lagi pula sewa motornya kan 24 jam. Balikinnya bisa besok.

Notes :

  • Kalau mau nikmati Sunset datang Sore Hari
  • Untuk mencegah Macet, Sewa aja Sepeda Motor
  • Untuk Rute bisa pake Peta atau GPS
  • Siapkan Kamera yang full baterai nya 😀
  • Jangan lewatkan spot spot menarik di Tanah Lot
  • Kalau punya Banyak Duit Beli Oleh-Oleh

 


Comments are closed.