Cara Mengurus Kartu ATM BRI yang Hilang

Saya punya rekening tabungan di BRI, jenis rekening tabungan yang saya buka adalah tabungan simpedes. Syarat nya sangat mudah, hanya membawa KTP, kartu keluarga dan setoran awal minimal Rp100.000

Membuka rekening tabungan bri hanya bisa di kantor cabang sesuai dengan identitas, jadi kalau KTP saya di bandar lampung maka saya hanya bisa buat di Bandar Lampung saja. Pergi ke kantor cabang terdekat dengan membawa persyaratan yang diperlukan.

Ketika sudah jadi nasabah BRI maka kita akan mendapatkan fasilitas transaksi berupa kartu atm, kartu ini memiliki fungsi untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi seperti tarik tunai, ambil uang, cek saldo, transfer uang dan sebagainya.

Kartu ATM dilengkapi dengan sandi keamanan beruka PIN ATM, setiap kali akan menggunakan kartu ATM dimesin ATM maka kita perlu memasukan PIN terlebih dahulu. Sehingga kartu atm tidak bisa digunakan orang lain yang tidak mengetahui pin yang kita gunakan.

Ketika salah memasukan PIN lebih dari 3 kali maka kartu ATM akan diblokir. Maka dari itu, pastikan anda memasukan PIN dengan benar.

Baca Disini: Mengatasi Kartu ATM di Blokir

Simpan kartu ATM anda baik-baik jangan sampai hilang, apabila terjadi kehilangan kartu maka kita segera blokir kartu ATM tersebut melalui call center. Kehilangan bisa saja terjadi, misalnya: dompet kecopetan, lupa meletakan kartu atm, dompet isi kartu atm terjatuh dan sebagainya.

Saya pun pernah mengalaminya, pada waktu itu saya mengantongi kartu ATM di saku baju. Pada saat akan mengambil uang di ATM BRI ternyata kartu ATM BRI saya hilang, mungkin jatuh dijalan pada saat saya sedang mengendari sepeda motor.

Saya coba cari disepanjang jalan yang saya lewati tapi tidak ketemu, mau ga mau saya harus mengurus pembuatan kartu atm yang baru.

Buat Surat Kehilangan dari Kepolisian

Ketika kita kehilangan kartu atm dan ingin mengurus ganti kartu atm yang baru maka kita perlu membawa suarat kehilangan dari polisi. Disini saya langsung mengunjungi kantor polisi (polsek) terdekat kemudian minta surat kehilangan hilang.

Surat kehilangan dari kepolisian tidak dikenakan biaya alias Gratis, kalau anda dimintai uang maka itu adalah pungutan liar, kecuali jika memang anda memberikannya secara ikhlas tanpa harus diminta.

Pergi ke Kantor Cabang BankĀ 

Setelah mendapatkan surat keterangan hilang dari polisi maka selanjutnya pergi ke kantor cabang bank tempat kita membuka rekening atau bisa juga ke kantor cabang utama didaerah anda.

Bawa semua persyaratan seperti :

  1. Membawa KTP
  2. Membawa Buku Tabungan
  3. Membawa Surat Keterangan Hilang

Ketika sudah sampai di kantor cabang bank, maka kita langsung ambil nomor anterian untuk customer service, jika bingung anda bisa tanya kepada satpam yang sedang bertugas, nanti anda akan diarahkan.

Saat nomor anterian dipanggil, maka kita bisa langsung menghadap customer service yang sedang bekerja. Bilang saja bahwa anda memiliki keperluan untuk buat kartu atm, karena kartu atm yang lama telah hilang.

Serahkan semua persyaratan yang dibutuhkan, selanjutnya anda akan diminta untuk mengisi surat permohonan penerbitan kartu atm baru dan menandatanganinya. Proses pembuatan kartu atm membutuhkan waktu kuran lebih 30-40 menit.


Leave a Reply