Kereta Api Ekonomi Sekarang Lebih Nyaman dibandingkan Sebelumnya

Kereta api saat ini menjadi salah satu transportasi yang paling banyak dipilih untuk bepergian, apalagi ketika masa – masa liburan sekolah, liburan kuliah, liburan akhir tahun atau liburan hari raya Idul Fitri dan Natal, terjadi lonjakan penumpang.

Saya pun termasuk orang yang paling suka naik kereta api jika bepergian ke jawa seperti jogja, semarang, malang,kediri, surabaya, walaupun yang saya gunakan kereta api kelas ekonomi, kenapa saya pilih ekonomi? karena ngirit ongkos broo.

Kereta api sekarang tidak seperti kereta api tahun 2012 ke bawah. Pihak KAI telah melakukan perubahan kebijakan menjadi lebih tertib dan tepat waktu.

Sedikit curhat, dulu kalau naik kereta api berebut tempat duduk, kalau ngga dapat tempat duduk, resiko nya berdiri, juga banyak pedagang yang masuk gerbong dan lalu lalang membuat suasana kereta makin ngga nyaman.

Fasilitas AC di Kereta Api Ekonomi

Fasilitas AC di Kereta Api Ekonomi

Belum lagi kalau sudah menjelang malam, setiap berhenti distasiun bukannya penumpang berkurang justru semakin bertambah sampai ruangan gerbong sumpek , pokoknya bener – bener ga nyaman, kesulitan untuk tidur, sampai sampai saya pernah tidur di bawah kursi penumpang. Kalau sudah tidur dibawah kursi, tiba – tiba kerasa ingin buang air kecil, bingung nya nggak karuan, mau keluar sulit karena saking penuh nya.

Kebijakan Kereta api sekarang lebih tertib, lebih terorganisir dengan baik mulai dari penjualan tiket hingga kondisi fasilitas yang selama berada didalam kereta.

Pembelian tiket dilakukan secara online melalui web KAI atau Aplikasi Online yang bisa kita unduh melalui Play Store atau juga bisa beli tiket langsung dari loket tiket yang ada di Stasiun, dan tiket yang dijual juga sesuai dengan kursi yang ada, sehingga tidak ada ceritanya penumpang yang berdiri atau tidak kebagian tempat duduk.

Kereta Api kelas Ekonomi pun sekarang sudah ada AC dan Colokan Listrik nya, sehingga penumpang tidak lagi kepanasan dan juga bisa cas HP. Tapi kadang pedagang-pedagang asongan masih juga masuk ketika kereta berhenti di stasiun, tapi jangan khawatir , pedagang akan turun kalau kereta sudah jalan.

Colokan Listrik di Kereta Api

Colokan Listrik di Kereta Api

Sedikit tips dari buat kamu nih, Ketika naik kereta api ekonomi jangan sungkan untuk mengajak ngobrol penumpang yang duduk disebelah kita. Paling tidak basa – basi menawarkan minum atau makanan ringan, tanya asal dari mana? dan hendak kemana?, kalau sudah gitu kita akan merasa nyaman dan aman, jangan seperti orang autis sibuk dengan gadget sendiri justru demikian akan membuat orang lain tidak respect dengan kita.

Baru – baru ini saya naik kereta dari pasar senen ke stasiun kediri. Harga tiket kereta api ekonomi juga masih dibilang murah dan bermacam-macam tergantung waktu dan tujuan, kita berebut dengan penumpang lain yang juga ingin mencari tiket murah. Tiket yang saya dapatkan murah dari jakarta tujuan kediri hanya Rp115.000, itupun berkali – kali saya ulang pengecekan tiket sekitar pukul 11.00 malam , karena dari pagi saya cek selalu kosong, dan ketika muncul harga tiket yang murah maka dengan cepat langsung saya beli.