Klaim Ganti Rugi JNE karena Paket Hilang atau Rusak

Klaim Ganti Rugi di Kantor JNE

JNE merupakan salah satu penyedia jasa ekspedisi yang melayani pengiriman domestik, pelayanan yang diberikan cukup memuaskan konsumen. Barang yang dikirim sampai tepat pada waktunya, kecuali memang apabila terjadi kesalahan teknis. Untuk itu, saya paling rekomendasikan untuk selalu menggunakan JNE untuk mengirimkan paket ke tujuan manapun.

Tapi, yang namanya sebuah layanan jasa tentu ada sebuah kekurangan, seperti barang yang dikirim rusak, barang yang dikirim hilang atau resiko yang lainnya. Apabila hal ini terjadi pada anda maka anda bisa mengajukan klaim ganti rugi terhadap barang yang kita kirim terjadi kerusakan atau kehilangan, klaim dikirim langsung ke kantor JNE dengan membuat surat klaim.

Semua barang baik pengiriman dengan Asuransi maupun yang tidak bisa dilakukan klaim untuk mendapatkan ganti rugi atas kesalahan yang terjadi selama proses pengiriman barang. Namun sebelum mengajukan klaim, anda perlu memastikan paket tersebut benar-benar rusak atau hilang yang membuat jne harus ganti rugi atas kesalahan yang terjadi.

Siapkan beberapa perlengkapan untuk dibawa ke kantor JNE :

Anda harus membuat sebuah surat klaim sebagai bentuk pernyataan bahwa anda mengalami kerusakan atau kehilangan pada paket yang dikirimkan. Detail isi surat mengenai barang yang dikirim, berapa nilainya, darimana dan kemana tujuannya dan rincian lainnya.

Anda juga perlu membawa kartu identitas yang masih berlaku seperti SIM atau KTP dan juga membawa resi pengiriman yang asli, sebelumnya anda perlu membuat copyan terlebih dahulu sebelum diserahkan.

Download Contoh Surat Klaim

Setelah surat klaim ganti rugi dikirimkan maka selanjutnya anda menunggu konfirmasi selanjutnya dari kantor JNE. Apabila anda tidak segera mendapatkan kabar maka anda bisa datang kembang ke kantor JNE. Surat dan dokumen diserahkan dalam waktu 14 hari berdasarkan kapan paket tersebut seharus nya tiba di tempat tujuan. Jika paket yang dikirimkan sampai dalam waktu 3-4 hari, tapi ternyata paket belum juga sampai maka terhitung dari tanggal tersebut anda bisa mengajukan klaim ganti rugi

Sebagai informasi tambahan, anda juga perlu mengetahui nilai ganti rugi yang menjadi kewajiban JNE sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku yaitu Ganti rugi bahwa nilai pertanggungjawabannya adalah maksimal 10x biaya kirim paket tersebut atau senilai barang yang hilang dipilihmana yang lebih rendah.

Contoh Kasus A. Seumpamanya anda mengirimkan barang dari Lampung ke Denpasar dengan ongkos kirim per kilogramnya Rp.30.000 dan nilai barangnya adalah Rp.500.000, maka anda akan mendapatkan uang ganti rugi sebesar Rp.300.000.

Contoh Kasus B. Seumpamanya anda mengirimkan paket dari Lampung ke Bandung dengan ongkos kirim per kgnya adalah Rp.18.000 dan nilai Rp.100.000, maka uang yang kita dapatkan adalah Rp.100.000 karena lebih rendah daripada 10 kali dari biaya kirim (Rp.180.000).

Kesimpulannya, akan diambil nominal uang yang paling rendah diantara kedua kreteria diatas dan anda tidak perlu menggunakan asuransi untuk melakukan permintaan ganti rugi paket ke JNE. Asuransi berfungsi untuk menanggung ganti rugi kalau nilai barang yang dikirim lebih tinggi dari total 10 kali ongkos kirimnya. Maka dari itu, pengirim sering kali dianjurkan untuk menggunakan asuransi apabila barang yang dikirimkan bernilai tinggi.

Baca Juga : Paket JNE Nyasar