Mencampur Tanah dengan Kompos Kotoran Kambing untuk Media Tanam

Selain hobi ngeblog dan jalan – jalan kalau sedang berada dirumah saya punya hobi tanam menanam, mulai dari menanam bunga sampai menanam sayur – sayuran. Berhubung sekarang sudah musim hujan, saya kembali ingin menanam Sayur-sayuran seperti cabai, tomat atau yang lainnya untuk mengisi waktu di pagi dan sore hari.

Karena saya tidak memiliki lahan atau halaman yang luas, saya memanfaatkan media tanam polybag, kali ini yang saya jadian polybag adalah Karung Beras ukuran 10kg supaya lebih luas dan mengisi tanah yang cukup banyak, dengan begitu tanaman akan tumbuh lebih maksimal.

Sebelumnya saya perlu menyiapkan tanah nya terlebih dahulu, saya memilih tanah yang cukup gembur, agar kandungan nutrisi tanah lebih banyak saya mencampurkan nya dengan kotoran kambing sebagai pupuk kompos nya.

Tanah dan Pupuk Kompos

Tanah dan Pupuk Kompos

Campuran yang saya gunakan yaitu Tanah Secukupnya ditambah Kotoran Kambing sebanyak 2 karung besar ukuran 10 kg, yang kemudian dicampur menjadi satu.  Saya aduk menjadi satu dengan tanah seperti saat mengaduk semen dengan pasir.

Setelah tercampursecara merata, saya menyiapkan karung – karung yang akan dijadikan polybag, dan kemudian saya isi kedalam masing – masing karung. Saya mengisinya tidaCampuk penuh seisi karung 10 Kg tadi, tapi hanya separuh nya saja dan sisanya di linting kedalam.

Campuran Tanah dan Kompos

Campuran Tanah dan Kompos

Akhirnya ada sekitar 15 Media Tanam Polybag menggunakan karung, kemudian saya letakan di belakang dan samping rumah. Namun tidak langsung saya tanami, karena struktur kandungan tanah belum stabil, biarkan terlebih dahulu selama 3 hari sebelum ditanami. Rencananya saya akan memilih untuk menanam Cabai dan Tomat, yang panen nya bisa tiap hari dan kebutuhannya pun rutin.

Kan lumayan, nantinya dengan 15 karung tanaman bisa menghemat pembelian cabai dan tomat, paling tidak sehari bisa menghemat 10ribu rupiah, kalau di kali 1 bulan saja bisa Rp300.000 kita menghemat. Bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

Polybag Karung

Polybag Karung

Dan rencananya jika ini berhasil saya akan menambah lagi jumlah polybag dan tanamannya, kan bisa dijual juga ke tetangga dengan harga yang murah dibanding pasar. Yaa.. Sekaligus ini sebagai pembelajaran untuk persiapan berumah tangga nanti.