Mengaji Hadits Kutubusittah di Pondok Pesantren Dahlan Ikhsan Blitar

Saya kembali melonggarkan waktu untuk mendalami Ilmu Agama untuk mempelajari hadits Shahih Bukhari atau umumnya disebut dengan Mengaji. Saya memilih untuk pergi ke salah satu Pondok Pesantren yang ada di Jawa Timur, tepatnya di Sukosewu Kecamatan Blitar, nama Pondoknya Dahlan Ikhsan.

Sebelumnya saya juga sudah pernah nyantren di Pondok ini waktu Bulan Ramadhan 2015, yang kebetulan saat itu Hadits yang sedang dikajikan Hadits Sunan Thirmidzi. Begitu banyak Ilmu Hadits yang di sampaikan dan dikaji, menjadi tolak ukur bagi diri saya, ternyata Ilmu Agama untuk mendukung Ibadah saya masih sangat minim sekali.

Hingga kemudian saya kembali melonggarkan waktu untuk menambah Ilmu yang bisa diamalkan dalam kehidupan, dengan menjadi Santri di Pondok Pesantren Dahlan Ikhsan. Pondok Dahlan Ikhsan mengkaji Hadits Kutubussitah (Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abu Daud, Sunan Thirmidzi, Sunan Nasai, Sunan Ibnu Majah). Berhubung ini Awal tahun 2016, materi yang dikajikan masuk pada putaran awal yaitu Hadits Shahih Bukhari.

Catatan Tentang Iman Bukhari

Catatan Tentang Iman Bukhari

Asrama Hadits Shahih Bukhari di Mulai pada Tanggal 29 Desember 2015, yang direncanakan akan Khatam pada akhir bulan Maret 2016. Shahih Bukhari merupakan Hadits yang paling terpercaya kesahihannya, memuat berbagai Catatan Hukum – Hukum Islam, Pengamalan – Pengamalan, yang telah di praktekan Nabi Muhammad SAW.

Dengan mengetahui Ilmu Agama langsung berdasarkan Sumber Hukum Islam itu sendiri langsung disampaikan dari Seorang Guru yang telah belajar dari gurunya, dan Gurunya dari Gurunya lagi hingga tersambung berdasarkan Isnat nya maka akan membuat diri kita akan lebih terjaga dari kesalah fahamanan dalam tafsir hadits dibandingkan dengan membaca – baca, memahami sendiri dari Buku atau Internet.

Jadwal Pengajian Pondok Pesantren Dahlan Ikhsan

Pengajian dilaksanakan mulai dari Hari Sabtu sampai dengan Hari Kamis. Adapun untuk Hari Jum’at Libur (kecuali Malam). Adapun untuk Jam Pengajian sebagai berikut :

  • Pengajian Ba’da Subuh sampai dengan Jam 06.00 Wib
  • Pagi, dari Pukul 08.30 – 11.00 Wib
  • Siang, dari Pukul 13.30 – 15.30 Wib
  • Ba’da Shalat Magrib sampai Isya’
  • Malam, dari Jam 20.00 – 21.00 Wib.

Cara ke Pondok Pesantren Dahlan Ikhsan

Untuk ke Pondok Pesantren Dahlan Ikhsan bisa naik kendaraan apa saja, jika naik kendaraan Umum maka berpatokan pada Stasiun Talun. Jika Naik kereta Api maka Turun di Stasiun Talun, dan jika Naik Bus Umum maka Turun di Lampu Merah Stasiun Tarun.

Kemudian Calon Santri dapat menghubungi Pondok, maka nanti akan dilakukan penjemputan. Jika Perempuan akan dijemput dengan Tim Perempuan. Jika Laki Laki akan di Jemput oleh Tim Laki – Laki. atau juga bisa naik Ojek (buat laki laki)