Cara Membatalkan Pesanan dan Mengajukan Refund di Shopee

Sekarang ini banyak sekali situs ecommerce yang memfasilitasi masyarakat yang ingin jual beli barang secara online, bagi para pelaku UKM dapat menjual berbagai jenis produk melalui situs ecommerce dan untuk pengunjung dapat membeli barang yang diinginkan dengan cara mudah hanya dengan beberapa langkah praktis.

Langkah praktis dalam belanja online yaitu buka akun, cari barang, pilih barang, masukkan keranjang, masukan alamat pengiriman, pilih ekspedisi transfer uang dan barang akan di kirim sesuai dengan alamat pemesanan melalui ekspedisi yang telah di pilih.

Namun yang namanya belanja online terkadang juga terdapat masalah yang membuat pembeli kecewa sehingga memutuskan untuk membatalkan pesanan dan mengajukan refund (pengembalian dana) yang sudah di transfer. 

Dalam hal ini saya akan menjelaskan mengenai topik membatalkan pesanan pada situs jual beli online, Shopee. Shopee dikenal sebagai situs ecommerce yang menerapkan fasilitas ongkir gratis, jadi pembeli tidak dikenakan ongkos kirim terhadap barang yang di belinya.

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Untuk membatalkan pesanan di Shopee caranya sangat mudah, tapi juga tergantung dari status pesanan kamu. Karena ada status pesanan itu belum di bayar, belum di kirimkan, belum di terima. Pesanan dapat dibatalkan ketika barang belum di bayar dan barang belum dikirim karena barang yang sudah di masuk proses pengiriman tidak bisa dibatalkan lagi.

Untuk membatalkan pesanan silahkan masuk ke menu login, dengan memasukan nomor hp terdaftar dan password. Selanjutnya masuk ke menu Belanjaanku.

Cara Membatalkan Pesanan

Pilih Status Pesanan anda, yaitu belum di bayar ? atau belum dikirimkan? Kemudian klik tombol “Batalkan Pesanan” yang ada dibagian bawah.

Note: Perlu diperhatikan, jika barang sudah di proses (dikirimkan) maka pesanan tidak bisa dibatalkan lagi. Untuk itu sebelum barang dikirim maka anda dapat menghubungi penjual, bahwa anda ingin membatalkan pesanan.

Bagi anda yang sudah transfer akan tetapi barang belum di kirim, maka anda bisa mengajukan pembatalan pesanan dan apabila status pesanan berhasil di batalkan maka uang yang sudah ditransfer akan di masukan ke Dompet Shopee anda.

Cara Mengajukan Refund (Pengembalian Dana) di Shopee

Setelah dana yang kamu transfer untuk pemesanan barang yang berhasil di batalkan masuk kedalam Dompet Shopee maka anda bisa mengajukan refund / pengembalian dana. Dimana kredit dalam dompet shopee ditransfer ke Rekening bank.

  1. Download Aplikasi Shopee di Play Store
  2. Buka Aplikasi dan Login
  3. Pilih menu Saya > Pilih Akun Saya dan > Pilih Rek Bank
  4. Masukan nomor rekening anda dengan benar
  5. Kembali ke Menu “saya” dan pilih Dompet Shopee
  6. Selanjutnya pilih “Tarik Dana“,
  7. Masukkan jumlah dana yang ditarik ke rekening bank
  8. Setelah itu, anda akan mendapatkan notifikasi pengembalian dana
  9. Dana akan masuk ke Rekening anda dalam waktu 2 x 24 jam.
  10. Tanpa ada potongan biaya.

Begitulah proses pengembalian dana ke rekening bank, ketika kita membatalkan pesanan dan mengajukan refund uang pembayaran. Proses pengembalian dana pada hari Senin, Rabu dan Jumat, adapun uang akan masuk ke rekening dalam waktu kurang lebih 2 hari.