Mengatasi Sayangnya Proses com.android.systemui telah berhenti pada Advan s7

Sayang sekali proses system ui telah berhenti

Saya memiliki sebuah tablet advan S7, saya sengaja membeli tablet ini hanya memang untuk memainkan game dari playstore. Tapi ternyata dalam waktu 1 bulan penggunaan, Advan S7 yang saya beli ternyata mengalami gangguan, gangguan yang terjadi yaitu System UI pada Advan tidak mau bekerja.

Setiap menggunakan tombol utama seberti back, home, dan multitask, ternyata muncul sebuah pesan singkat yang bertuliskan “Sayangnya Proses com.android.systemui telah berhenti” , yang kemudian membuat Tablet berhenti dan terkunci otomatis.

Saya pun mencoba untuk memperbaiki nya dengan cara mengotak – atik SystemUI.apk nya diganti dengan yang baru, ternyata masih saja muncul pesan tersebut, hingga kemudian saya mengambil langkah untuk mereset ulang kembali kepengaturan pabrik.

Alhamdulillah setelah kembali ke pengaturan pabrik Tablet Advan 7 saya bisa digunakan kembali, namun tidak lama kemudian setelah saya menggunakan launcher nya , tablet advan yang saya gunakan kembali bermasalah seperti sebelumnya yaitu muncul pesan yang sama, ketika saya coba melakukan reset ulang ke pengaturan awal ternyata tidak bisa.

Yang akhirnya saya memutuskan untuk memflash atau memformat ulang semua system yang ada pada Advan S7. Berhubung saya belum bisa melakukan flash pada tablet advan, maka saya membawa ke salah satu konter service yang ada di Bandar Lampung untuk dilakukan Flash, biaya flash Rp 50 ribu

Setelah tablet di flash ulang akhirnya bisa digunakan kembali dengan normal.

Ternyata memang minta di flash ulang, kalau kamu mengalami masalah yang sama pada tablet advan seperti saya dan advan masih dalam masa garansi maka lebih baik bawa ke galeri advan untuk garansi dan di service ulang.