Menghapus Browser Chromium dari Windows 7

Hapus Chromium dari Laptop

Tanpa disadari ternyata di Laptop saya telah terinstall sebuah Browser yang bernama Chromium yang tampilannya hampir serupa dengan Google Chrome, mulai dari Logo hingga fungsinya. Hanya saja logo chromium tidak berwarna – warni seperti Google Chrome.

Kalo berdasarkan review yang ada, dijelaskan Google Chrome merupakan pengembangan dari Chromium itu sendiri. Chromium merupakan browser opensource yang kemudian dipatenkan oleh Google. Tapi apapun latar belakang chromium tidak menghentikan saya untuk menghapus nya dari Laptop.

Karena memang saya tidak menghendaki untuk menginstall Browser Chromium dalam perangkat komputer saya, entah darimana mula nya browser ini tiba – tiba telah terinstall, layaknya aplikasi – aplikasi lain yang terinstall melalui software lain.

Baiklah saya akan mulai menghapus chromium dan berpisah untuk selama nya, karena memang saya masih nyaman menggunakan hasil kembangan dari Chromium itu sendiri, yaitu Google Chrome.

Hapus Chromium dari Windows 7

  • Masuk ke Control Panel Laptop
  • Pilih Program and Feature
  • Lalu Cari Chromium
  • Kemudian pilih Uninstall

Dan selanjutnya hapus User Data dan Setting milik Chromium, adapun untuk menghapus nya silahkan masuk terlebih dahulu ke Folder Options dan pilih View dan cari dan centang Show hidden files, folders, and drives. Jika Sudah selanjutnya bisa masuk ke tahap selanjut nya :

  • Local Disk (C:)
  • Pilih User >> Nama Perangkat Anda
  • Pilih Apps Data >> Local
  • Dan Pilih Chromium
  • Langsung didelete dari situ.

Setelah semua itu saya lakukan maka Chromium sudah tidak ada lagi diperngkat saya. Terutama muncul otomatis ketika awal menghidupkan Laptop (menjadi start up). Kamu bisa ikuti cara tersebut jika memang tidak ingin menggunakan lagi aplikasi browser chromium tersebut.


  1. Bener gan saya juga mengalami seperti itu di laptop saya,, sekalian mau tanya gan setelah ada chromium terinstal l sendiri di laptop saya, ko tiba tiba laptop saya sering install apps sendiri ketika browsing gan. masalahnya apa ya gan mohon bantuannya.

  2. Sandi Prayoga

    Kalo sering install apps sendiri biasanya ada Software yang work didalam nya… Coba dicari di lagi di Control Panel bagian program… Jika ada aplikasi yang tidak dipakai atau bahakan tidak pernah install di copot aja gan,,,

  3. Sebut Saja Bunga

    biasanya itu abis install Format Factory gan

    beberapa software langsung keinstall tanpa ada persetujuan dr user.

  4. Gan, ane udah ikuti langkah2nya uninstall chromium tp kok saya cek lagi di control panel chromiumnya masih ada dan udah bolak-balik di-klik uninstall gak ilang-ilang. kira-kira kenapa ya? mohon bantuannya.

  5. saya juga ngalami hal yg sama, tpi udah di uninstall tetap aj muncul.
    gimana cara menghapusnya kalo pake window 8 ? mohon bantuannya.