Mengurus e-KTP yang Hilang Ternyata Mudah Banget

KTP Elektrik Hilang

Beberapa waktu lalu dompet saya jatuh dijalan, bisa dikatakan ini musibah. Untungnya didalam dompet saya tidak ada banyak uang cash, kalau dihitung hanya membawa uang Rp 50 ribu untuk isi bensin motor dan beli minum dijalan jika haus karena memang saya selalu simpan uang di ATM saja. 

Tapi didalam dompet saya ada KTP dan Kartu ATM, kesemuanya itu ikut hilang bersama jatuhnya dompet. Sedangkan untuk SIM dan STNK kebetulan saya taruh di dalam kantung tas. Karena KTP menurut saya identitas yang penting dan harus selalu dibawa maka saya langsung mengurus KTP untuk di cetak baru.

KTP saya terbitan dari Kabupaten Tulang Bawang Barat, maka saya pergi ke kantor Capil TBB yang ada di penumangan, satu lokasi dengan kantor Bupati. Disana saya langsung mendatangi bagian kepala kependudukan untuk minta dicetakkan ulang KTP yang baru.

Sebelumnya berkas yang harus saya siapkan untuk mengurus e-KTP yang hilang di kantor Capil adalah Kartu Keluarga (KK) dan Surat keterangan hilang dari kepolisian (wajib ada) masukan kedalam Map. Cukup 2 syarat itu saja yang perlu dibawa untuk minta  KTP di cetak ulang.

Setelah berkas masuk dan mengisi form permohonan cetak ulang KTP, kemudian saya menunggu beberapa menit sampai proses pencetakan KTP yang baru selesai. Karena ini merupakan KTP Elektrik (e-KTP) maka saya tidak diminta untuk membawa foto maupun foto ulang, karena data saya sudah ada dalam database capil.

Biaya untuk mencetak ulang e-KTP yang hilang yaitu sebesar Rp15.000 yang langsung dibayarkan di bagian administrasi dan langsung bisa mengambil e-KTP yang telah dicetak tadi, ternyata sekarang masa berlaku e-KTP seumur umur hidup, hemmm berarti walau saya sudah tua kalau e-KTP saya tidak hilang berarti foto saya di ktp selalu Muda hehehe.