Menikmati Ayam Taliwang dan Pelencing Kangkung, Kuliner Khas Lombok

Lombok – Saat jalan -jalan ke Lombok selain menikmati keindahan alam tentunya perlu mencoba wisata kuliner yang ditawarkan, banyak kuliner khas kota Lombok tapi ada beberapa yang paling menjadi favorite yang ga boleh ketinggalan, yaitu kudu mencicipi kuliner ayam taliwang dan pelencing kangkung. Walaupun terkadang kuliner – kuliner khas daerah ada juga di daerah lain semacam Masakan Padang yang bisa dijumpai di Lampung, tapi kali ini Gw juga ga mau kelewatan untuk menikmatinya langsung di pulau Lombok.

Gw bersama beberapa teman blogger bersama – sama menuju salah satu warung nasi yang menyediakan masakan khas Lombok berupa Ayam Taliwang dan Pelencing Kangkung. Kedua nya biasanya memang sudah menjadi satu paket yang tidak bisa di pisahkan, yang katanya dulu makanakan ini merupakan hidangan kerajaan, maka sangat rugi sekali jika tidak mencicipinya langsung saat berada di Lombok.

ayam taliwang kuliner khas lombok

ayam taliwang kuliner khas lombok

Tentunya akan terasa berbeda ketika mencicipi ayam taliwang di daerah asalnya dibandingkan di daerah lain. Karena jelas orang – orang lombok tahu betul bagaimana cara memasaknya, tidak hanya sekedar melihat resep – resep yang telah dibagikan dibuku buku atau web kumpulan resep masakan yang banyak digunakan ibu – ibu.

Memasak ayam taliwang tidak sembarangan memilih ayam, karena ayam yang digunakan merupakan Ayam kampung yang umurnya juga menjadi pertimbangan, dimana umur ayam kampung yang akan dimasak menjadi ayam taliwang memilih ayam yang masih muda , biasanya di pilih ayam yang baru di sapih dari babon nya setidaknya umur 4 bulan.

pelencing kangkung khas lombok

pelencing kangkung khas lombok

Ayam taliwang yang paling enak yang disajikan secara di bakar atau di panggang. Membakar atau memanggang ayam taliwang pun secara khusus, sederhana dan tradisional tidak menggunakan kompor gas atau arang seperti halnya memasak sate akan tetapi menggunakan kayu kopi atau kayu nangka sehingga rasa ayam nya terasa gurih dan aromanya lebih sedap.

Rasa ayam taliwang begitu berbeda dengan ayam bakar pada umumnya, sensasi pedas yang tidak dimiliki makanan lain, katanya sih bumbu yang digunakan khususnya cabainya menggunakan cabai asli dari Lombok. Memakan ayam taliwang ini di temani dengan pelencing kangkung yang juga terasa pedas, saat itu juga di sajikan juga berupa sambal terong mentah muda. Pokoknya saat jalan – jalan ke Lombok jangan melewatkan kesempatan untuk menikmati kuliner ini.

Tempat makan yang menyediakan Ayam Taliwang khas Lombok ini salah satunya adalah “Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Irama” yang berada di Jl. Ade Irma Suryani No.10 Cakrangara. Rumah makan ini menyediakan ayam taliwang bakar dan goreng serta tentu saja plencing kangkung dan beberapa menu khas Lombok lainnya.