Menyusuri Tengah Kota Solo dengan Naik Kereta Uap Jaladara

Kota Solo, salah satu kota yang ada di Jawa tengah yang cukup dikenal dengan kearifan budaya yang begitu lembut membuat saya tertarik untuk mengunjunginya. Disaat saya mendapatkan kesempatan untuk bisa jalan – jalan ke Kota Solo ada beberapa lokasi yang saya kunjungi mulai dari Alun – Alun, Keraton Solo, Wayang Orang dan yang ga kalah menarik nya bisa menikmati pagi di kota solo dengan menaiki Kereta Uap.

Orang solo menyebut kereta uap itu dengan nama Sepur Klutuk Jaladara. Pemerintah solo menjadikan kereta uap ini menjadi salah satu bagian dari wisata lokal yang bisa dinikmati para pengunjung untuk menyusuri tengah kota solo.

 

Sepur Klutuk Jaladara Solo

Sepur Klutuk Jaladara Solo

Saya naik kereta uap jaladara ini dimulai dari stasiun Purwosari yang terus jalan melintasi rel yang ada di tengah kota hingga Stasiun Solo Kota di Sangkrah. Kemudian kereta ini kembali lagi ke Stasiun purwosari (5 KM) .

Rute yang akan di Lewati : Stasiun Purwosari-rel bengkong-Rumah Dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung-monumen PON Pertama Stadion R. Maladi-museum pertama di Indonesia Radya Pustaka-Kebon Raja Sriwedari-Museum Batik Dunia-Pasar Pon-Kampung Batik Kauman-kawasan 0 km Solo (Gladag)-Stasiun Solo Kota di Sangkrah.

Sepur Klutuk Jaladara merupakan kereta api kuno buatan Jepang tahun 1896 dan diluncurkan kembali 27 September 2009.

Saya pun bisa melihat – lihat tengah kota Solo dengan duduk manis didalam gerbong kereta yang berlaju dengan santai (tidak cepat), terkadang juga berdiri di pintu belakang gerbong sambil melihat – lihat keluar layaknya seorang kondektur / operator kereta.

Untuk bisa naik kereta jaladara berdasarkan informasi yang saya terima, pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp200 ribu perorang untuk 1 kali perjalanan yang bisa didapat di Kantor Dinas Perhubungan Kota Solo, khusus penduduk solo hanya bayar Rp 75rb dengan menunjukan KTP.

Berhubung saya dalam Rangka mengikuti kegiatan Asean Blogger Festival di Solo, maka saya naik Kereta ini Gratis.

Duduk Manis didalam Kereta Jaladara

Duduk Manis didalam Kereta Jaladara

Pada hari Libur Panjang Selasa-Rabu Kereta Jaladara akan beroperasi 2 kali perjalanan mulai pukul 10.30 WIB dan 14.00 WIB, sedangkan untuk Jumat dan Senin hanya melakukan 1 kali perjalanan saja mulai pukul 10.30 WIB – 12.30. Namun pada hari – hari biasa kereta ini hanya dioperasikan pada hari sabtu dan minggu saja mulai pukul 10.30 WIB – 12.30.


Comments are closed.