Beberapa Alasan Pembeli Menolak Paket COD Shopee

Saya lebih suka belanja online di shopee ketimbang marketplace lain karena selain mendapatkan gratis ongkir juga bisa menggunakan metode pembayaran bayar ditempat atau COD.

COD akan sangat berguna bagi pembeli yang tidak memiliki rekening tabungan di bank.

Metode pembayaran COD atau bayar ditempat yaitu sebuah cara pembayaran yang dilakukan ketika barang pesanan sudah sampai ke rumah dan pembeli membayar sesuai jumlah pembayaran langsung ke kurir yang mengantarkan paket tersebut.

Selanjutnya ekspedisi akan meneruskan pembayaran ke pihak shopee.

Namun perlu diketahui bahwa paket cod yang tidak dibayar oleh pembeli maka pesanan dianggap batal dan paket yang dikirim akan dikembalikan kepada penjual, hal ini disebut dengan istilah return.

Ketika paket cod return atau kembali ke penjual tentu hal ini merugikan pihak penjual.

Ruginya dimana?

Hai para pembeli, kalian jangan anggap remeh dengan paket cod yang kalian tolak atau tidak kalian bayar. Pihak penjual akan merasa dirugikan dari beberapa hal, catat ya!

  1. paket beresiko hilang
  2. paket beresiko rusak
  3. rugi waktu, tenaga dan biaya packing

Karena pihak penjual dirugikan maka pembeli yang menolak paket cod secara akad jual beli akan menanggung dosanya sebab tindakan merugikan orang lain, maka dari itu jangan mengecewakan penjual yang sudah berniat baik.

Beberapa Alasan Pembeli Menolak Paket COD Shopee

Apapun alasannya, sebenarnya menolak atau tidak membayar paket cod merupakan prilaku yang tidak bertanggung jawab dan perbuatan yang dapat merugikan orang lain dalam hal ini adalah penjual.

Jika memang tidak berniat membeli janganlah memesan barang di shopee dengan cod.

Berikut ini beberapa alasan klasik pembeli yang sengaja menolak paket cod:

  • pembeli tidak merasa memesan barang
  • pembeli tidak ada ada uang untuk membayar
  • pembeli pergi atau tidak ada dirumah
  • pembeli sengaja tidak keluar rumah

Tidak memesan barang tapi bisa sampai pilih pengiriman COD?

Hal ini justru sangat aneh, harusnya ditanya kepada pihak keluarga lainnya yang mungkin saja mereka yang pesan, jika memang ada anggota keluarga yang memesan maka pesanan cod tersebut sudah seharusnya di bayar.

Terlebih lagi tidak ada uang untuk membayar, lalu kenapa melakukan pemesanan online jika uang tidak punya? Ini merupakan tindakan bodoh yang tidak bertanggung jawab.

Ada sebagian pembeli yang sengaja pergi atau sengaja tidak keluar rumah untuk menghindar dari paket cod, pembeli sengaja melakukan ini agar tidak menerima paket tersebut.

Penjual Segera Hubungi pihak Ekspedisi

Jika mendapatkan notifikasi bahwa paket pesanan cod ditolak atau tidak dibayar pembeli maka dapat dipastikan paket akan dikembalikan ke penjual, maka penjual jangan lupa untuk mencatat nomor resinya.

Nomor resi digunakan untuk melacak keberadaan paket yang di kembalikan, jika penjual tidak segera mengambil paket cod yang kembali maka dapat beresiko kehilangan paket tersebut.

Kunjungi kantor ekspedisi awal pengiriman, karena paket-paket cod yang ditolak pembeli tidak kembali ke alamat penjual sehingga penjual harus mengambil sendiri ke kantor pengiriman awal.

Berikan Komentar disini