Pantai Goa China, Pantai Eksotis dibalik Bukit Malang

Kedua kalinya gue melancong ke kota malang. Kota yang memiliki suhu sangat dingin buat gue, karena memang beda banget hawa nya dengan Lampung, kota tempat gue tinggal. Kalo denger nama malang, identik dengan buah apel nya yang katanya sih paling enak dibandingkan dengan apel dari daerah-daerah lain. 

Tapi disini gue ga bahas soal apel, karena emang gue ga begitu suka dengan apel. Karena kedatangan gue ke malang emang ingin jalan – jalan, tau ga sih walaupun malang dikitari dengan bukit – bukit dan gunung, ternyata dibalik nya tersembunyi pesona alam yang sangat eksotis, apalagi kalo bukan pantai dan laut.

ombak pantai goa cina yang indah copy

ombak pantai goa cina yang indah copy

Dari sekian pantai yang ada, aku memilih pantai goa cina, pantai yang cukup dikenal dibandingkan dengan pantai yang lainnya. Karena disamping itu pantai ini juga bersih dan gak amis, bisa coba dibandingin dengan sendang biru yang amis nya bukan main karena disana tempat untuk cari ikan.

Untuk pergi ke pantai goa china kita harus menelusuri jalan berliku – liku untuk menaiki dan menuruni bukit, karena memang lokasi pantai nya ada di balik bukit sebelah selatan malang. Kali ini gue naik sepeda motor yang gue sewa di Kota malang (cuma Rp40.000 Seharian), karena kalo gak nyewa mau naik apalagi. Soalnya ga ada transportasi umum menuju ke goa cina. Kalau bawa rombongan bisa carter mobil.

menikmati indahnya samudra hindia dari pantai goa cina

menikmati indahnya samudra hindia dari pantai goa cina

Ga bakalan kesasar kalau kita tidak malu bertanya, atau bisa juga menggunakan GPS kalau memang hape lo bisa dapet sinyal internet. Perjalanan yang ditempuh memakan waktu  sekitar 2-3 jam. 

Untuk masuk ke lokasi kita kudu bayar tiket di loket masuk. Biaya tiket masuk ke pantai goa cina Rp5000/orang, belum termasuk parkir loh ya..

harga tiket masuk pantai goa china malang

harga tiket masuk pantai goa china malang

Wow… Suara desiran ombak pantai ini bisa didengar sampai loket masuk. Membuat gue semakin ga sabaran ngeliat langsung pantai malang yang terkenal ini. Begitu gue masuk, #Masyaallah ternyata memang sangat eksotis, keindahan ombak yang bergulung – gulung langsung menghantam pantai dan karang.

Pantai goa cina ini merupakan pantai laut lepas yang terhubung dengan Samudra Hindia. Makanya gulungan ombaknya besar – besar.

Air dipantainya bening dan nggak lengket dikulit, jadi enak buat mandi – mandi dibibir pantai, walaupun boleh mandi, karena Omboknya yang besar, jadi rawan sekali pengunjung ke tarik kelaut, maka harus berhati – hati buat yang mau mandi dipantai.

pantai goa china malang bagian selatan copy

pantai goa china malang bagian selatan copy

Sedikit cerita yang gue dapet, mengenai asal mula nama pantai ini, pantai goa china. Katanya dulu ada cerita bahwa ada seseorang berkebangsaan cina yang bertapa disebuah goa hingga bertahun – tahun, yaitu diperkirakan pada tahun 1930. Kemudian petapa tersebut meninggal didalam Goa dan meninggalkan sebuah wasiat bernama Hing Hok.

Lokasi Pantai Goa Cina berada didaerah Sumber Manjing Malang, kalau kita ukur jaraknya sekitar 64 Km dari pusat Kota Malang . Buat kamu yang mau ke sini rutenya gampang yaitu mengambil Rute Malang menuju Sendang Biru dengan urutan Malang – Gadang – Bululawang – Turen – Sumbermanjing. Sepertinya yang gue bilang, jangan malu bertanya.

 


Comments are closed.