Pengalaman Bayar Pajak di Samsat, Lagi lagi Telat Bayar

Pengalaman Bayar Pajak di Samsat, Lagi lagi Telat Bayar – Sebuah pengalaman yang saya pikir layak untuk diceritakan , sebuah rutinitas yang semua orang melakukannya. Saya yakin semua orang saat ini memiliki kendaraan pribadi terutama sepeda motor. Setiap memiliki kendaraan maka pemiliknya wajib membayar pajak setiap tahunnya.

Saya juga demikian, saya memiliki sepeda motor yamaha Vega R yang saya beli pada tahun 2011 lalu, itu artinya jika sekarang ini tahun 2015 saya sudah membayar pajak sebanyak 4 kali. Setiap bayar pajak saya selalu nitip dengan orang lain karena memang kebetulan saya saya sedang kuliah di Bandar Lampung sehingga tidak memiliki waktu untuk ke kantor Samsat yang ada di Tulang Bawang. Apalagi Jarak Bandar Lampung ke Tulang Bawang hampir 200 Km.

stnk sepeda motor

stnk sepeda motor

Pada Oktober 2015 saya kembali harus membayar pajak, dan saya menyempatkan diri untuk membayar sendiri, lagi – lagi saya telat bayar pajak. Saya pergi ke Kantor Samsat yang ada di Tulang Bawang Barat dengan membawa syarat dan dokumen yang diperlukan yaitu :

  • BPKB Sepeda Motor
  • STNK Lama
  • KTP yang Masih Berlaku

Kemudian saya langsung pergi ke Fotocopy yang ada di Samsat untuk memfotocopy dokumen tersebut dan membeli map. Setelah semua sudah di fotocopy dan dimasukan kedalam MAP, maka langsung menyerahkan kepada petugas pajak, dan kemudian saya mengisi Formulir yang diberikan petugas dan dikembalikan lagi setelah semua diisi lengkap.

Kemudian saya menunggu panggilan untuk melakukan pembayaran di Kasir (kasir menggunakan Bank Lampung) dan saya pun membayar ke kasir Rp218.500 (sudah termasuk denda telat bayar pajak). Sepertinya mau telat 5 hari atau telah 10 bulan denda nya sama, karena yang saya bayar masih sama seperti tahun – tahun sebelumnya yang juga telat bayar.

biaya bayar pajak sepda motor

biaya bayar pajak sepda motor

Setelah membayar administrasi di Kasir, saya kembali menunggu untuk panggilan selanjutnya bahwa STNK telah selesai di perbaharui tanggal jatuh tempo pajaknya, saat dipanggil diminta untuk menunjukan bukti bayar kwitansi di kasir yang telah saya lakukan sebelumnya. dan petugas kemudian memberikan STNK yang telah diperbaharui. Selesai.

Notes :

  1. Bawa semua syarat yang saya sebutkan diatas
  2. Datang pada pukul 09.00 (jangan pukul 11 pagi karena akan melewati waktu istirahat)