Penyebrangan dari Pelabuhan Gilimanuk ke Ketapang Banyuwangi

Beberapa bulan lalu sebelum Ramadhan 2015 gw abis liburan dari Bali, gw pergi ke beberapa tempat wisata disana. Setelah itu gw melanjutkan perjalanan menuju Blitar untuk mengikuti Asrama Hadits Kutubussittah di Pondok Dahlan Ikhsan Sukosewu. Namun sebelumnya gw melipir ke banyuwangi dulu untuk pergi ke Kawah ijen. Adapun rute perjalanan yang gw lakukan naik transportasi umum dengan cara estapet atau banyak yang bilang dengan sebutan Ngeteng.

Dari denpasar gw ke Terminal Ubung untuk mencari mobil ke arah pelabuhan gilimanuk, ternyata mobil – mobil di terminal ngetemnya lama, belum lagi ketika keluar jalanannya macet. Maka gw putusin untuk pergi ke jalan raya untuk nyetop bis tujuan gilimanuk. Ongkos ke gilimanuk dari terminal Ubung cuma Rp35.000 doang, tapi kita akan di oper di Terminal Negara Bali. Tapi tenang aja ga dimintai ongkos lagi kok.

Tiket penyebrangan Pelabuhan Gilimanuk ke ketapang

Tiket penyebrangan Pelabuhan Gilimanuk ke ketapang

Sampai di pelabuhan Gilimanuk gw langsung jalan kaki ke arah loket pembelian tiket penyebrangan kapal fery yang jaraknya ga begitu jauh. Tiket penyebrangan gilimanuk ke ketapang bwi untuk penumpang dewasa cuma Rp7500 saja. Ada pun buat kalian yang naik sepeda motor atau mobil pribadi yang hendak melakukan penyebrangan tarifnya Rp25.000/motor dan Rp135.000/mobil .

Sedangkan untuk Bus atau kendaraan yang masuk ke dalam Golongan V maka tarifnya sekitar Rp285.000 . Untuk pembelian tiket masuk kalau untuk anda yang bawa kendaraan bisa langsung ke gerbang masuk pelabuhan.

 tiket-penumpang-dewasa-kapal-ferry-gilimanuk


tiket-penumpang-dewasa-kapal-ferry-gilimanuk

Setelah kapal ferry yang gw naiki penuh, langsung berangkat menuju banyuwangi. Adapun untuk waktu tempuh yang dibutuhkan untuk melintasi selat bali , antara pelabuhan gilimanuk dan pelabuhan ketapang, hanya sekitar 1 jam, itupun jika lalu lintas kapal tidak padat. Karena untuk saat itu dermaga yang tersedia di pelabuhan ketapang sangat terbatas sekali.