Pergi Ke Lampung Dengan Mudah Naik BUS Damri dari Stasiun Gambir

Sandi Blogger Foto di Monas

Saat saya pergi meninggalkan Lampung terkadang saya menggunakan transportasi udara dari Bandara Raden Intan, terkadang Juga naik Sepeda Motor, Kadang naik travel, kadang juga naik BUS Lamsung seperti Bus Damri, Puspa Jaya, Rosalia Indah tapi kadang kalo lagi pingin ngirit ya backpackeran dengan cara Ngetes Estapet.

Begitu juga ketika gw balik ke Lampung lagi, biasanya gw lebih sering naik Kereta Ekonomi terkadang dari Malang ke Pasar Senen, Dari Blitar ke Pasar Senen, atau dari Kediri ke Pasar Senen. Setelah sampai distasiun pasar senen naik Gojek ke Gambir.

Saya jarang naik kereta eksekutif yang langsung ke gambir. Karena memang ngepres budget, maklumlah dompet masih tipis. hehe Lagi pula kereta ekonomi sekarang juga nyaman kok, yang penting jangan lupa bawa bantal. hehehe.. Biar waktu sampainya lebih lama yang penting bisa sampai dengan selamat..

Bisa juga sih ke Lampung lewat Terminal Kalideres, Terminal Kampung Rambutan atau Stop BUS di Slipi. Tapi berhubung saya lagi ga mau repot dan memang pingin istirahat nyaman, ane naik BUS Damri aja dari Gambir ke Lampung.

Beli tiket Bus Damri ke Lampung bisa langsung di Loket Damri di Stasiun Gambir. Loket dibuka jam 8 Pagi. Kita bisa pilih naik Damri kelas apa, ada kelas Royal, ada kelas Executive, ada juga kelas Bisnis, tinggal pilih aja mau naik Bus Damri yang mana.

Jadwal Keberangkatan Damri dari Gambir ke Lampung beserta harga tiket nya sudah terpampang di Kaca Loket. Tinggal tentukan mau naik bus Damri kelas Apa, mau berangkat jam berapa dan tujuannya mau kemana, karena ada beberapa tujuan seperti Tanjung Karang (Bandar Lampung), Bandar Jaya, Pringsewu, Metro, Kota Bumi, Talang Padang, Simpang Randu, Unit 2, Way Bungur, Sukadana,  dan Gaya Baru.

Baca Disini : Tarif dan Jadwal Keberangkatan Bus Damri dari Gambir ke Beberapa Tujuan di Lampung

Saya pun memilih tujuan ke Tanjung Karang Bandar Lampung dengan Bus Damri Bisnis dengan tiket Rp 160.000. Karena saya orang pertama yang antri di Loket jadi saya bisa pilih tempat duduk yang paling depan (nomor 1), dibawah tempat duduk ada fasilitas charger.

Duduk Deket Cewek di Bus Damri

Duduk Deket Cewek di Bus Damri

Tepat jam 10 para penumpang sesuai dengan nomor bus yang telah ditulis oleh petugas, semua naik ke dalam BUS dan Langsung berangkat, saya duduk di kursi paling depan sesuai nomor yang saya pilih, ternyata disamping saya seorang cewek , dan saya ajak kenalan untuk temen ngobrol disepanjang perjalanan. “Namanya : Mardiana” , Alumni Kampus Teknokrat dan tinggal di Sukarame.

Oiya, Bus Damri juga dilengkapi dengan Jaringan Wifi, jadi kamu bisa online di dalam bis tanpa menggunakan paket data internet hp kamu. Adapun Waktu yang ditempuh menuju Bandar Lampung sekitar 7-8 Jam perjalanan. Penumpang difasilitasi Roti dan Air Minum kemasan Gelas. Bus Damri berhenti untuk makan di Rumah Makan Siang Malang di Kalianda, penumpang boleh makan juga (tapi bayar sendiri ya) hehehe

Rute Bus Damri masuk ke Bandar Lampung melewati Panjang (belok kiri), dengan alur tujuan ke Pahoman, Bunderan Gajah, Jalan Kartini, Jalan Teuku Umar, Jalan Z.A Pagar Alam dan Berhenti di Pol Damri Rajabasa (khusus untuk yang tujuan Bandar Lampung).


  1. enak itu mas, kalau ada damri yang dari gambir langsung ke lampung. saya malah lebih sering turun atau naik kereta di gambir karna alasan kepraktisan dan keamanan

  2. Sandi Prayoga

    @Jawardi : Iya mas,, enak kalo naik Damri jadi bisa turun depan rumah 🙂