Perlengkapan yang harus dipersiapkan sebelum mendaki Gunung Rinjani

Belajar dari pengalaman orang lain itu memang penting untuk meminimalisir sebuah resiko yang ada, apalagi yang berhubungan dengan jalan – jalan pasti kita butuh sebuah refrensi atau sekedar tips dari orang lain. Termasuk salah satunya ketika hendak mendaki gunung rinjani, gunung berapi tertinggi ke-2 setelah Gunung Kerinci yang ada di Sumatera, ketinggian Rinjani mencapai 3726 mdpl.

Ketika ingin mendaki Gunung Rinjani ada beberapa perlengkapan yang harus disiapkan sebelum pendakian. Karena ketika perlengkapan kurang matang akan membuat kita menderita. Pendakian Rinjani membutuhkan waktu paling minim 3 hari, untuk maksimalnya tergantung dari masing – masing orang ingin berapa lama, jadi perlengkapan disesuaikan dengan lama nya pendakian.

Perlengkapan utama tentu berhubungan dengan perut , mendaki gunung rinjani akan melewati medan yang terjal yang cukup menguras tenaga, maka perlu asupan konsumsi yang cukup. Persiapkan kebutuhan logistik sesuai dengan kebutuhan kita masing masing, secara standar perlu membawa Beras yang cukup memenuhi untuk makan 3 hari , Sarden , Mie Instan, Telur, Susu , Coklat, Roti, kemudian untuk mengolah itu semua, tentu kita perlu membawa alat makan dan alat masaknya (ex: kompor portable).

Perlengkapan lainnya yang musti dipersiapkan seperti Jaket Tebal, Tenda (bisa sewa), Matras, Sleeping Bag, 2 Buah Kaos Kaki yang tebal, Sarung Tangan, Sepatu Gunung / Sandal Gunung, Masker, Kupluk, Sun Block, Kaca Mata Hitam, Bendera Merah Putih, Celana Panjang dan Pendek, Termos, baju secukupnya. Jika barang bawaan terasa berat maka disarankan untuk memakai Porter, sewa porter hanya 200ribu perhari. Jadi jangan gengsi untuk makai porter.

Untuk mengabadikan Moment juga jangan lupa untuk membawa kamera, boleh kamera pocket , kamera dslr, kamera smartphone (hp android) dilengkapi dengan membawa powerbank.