Ponpes Budi Utomo Solo, Pondok Pesantren Tahfidz dan Hadis Kutubusittah

Ramadhan 2015 gw mudik dari Malang ke Lampung naik sepeda motor, berangkat dari malang pada pukul 12 siang pada hari sabtu, tak terasa perjalanan yang gw tempuh naik sepeda motor selama 13 jam, sekitar pukul 01.00 dini hari gw sampai di Solo. Dengan rasa lelah kemudian gw memutuskan untuk bermalam di Pondok Pesantren Budi Utomo.

Pondok pesantren Budi Utomo merupakan pondok pesantren  yang dinaungi Lembaga Dakwah Islam Indonesia, didirikan pada tahun 1993 dan diresmikan oleh bapak Jusuf Kalla pada tahun 2007. Adapun lokasinya berada sekitar 3 km dari Stasiun Balapan.

gedung pengajian pondok pesantren budi utomo

gedung pengajian pondok pesantren budi utomo

Dimana pondok ini membuka bagi siapa saja yang hendak menimba Ilmu, pondok yang letaknya di bagian solo utara ini merupakan pondok pesantren yang mengaji Al-Quran dan Al-Hadis serta kelas khusus yang memfokuskan santri nya untuk menjadi Tahfidz (Penghafal Al-Quran) serta pengkajian Kutubusittah.

Kutubusittah yaitu sebuah 6 Kitab Hadis besar yang digunakan Muslim se-Dunia diantaranya, Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abu Daud, Sunan Nasai, Sunan Tirmizi, dan Sunan Ibnu Majah.

Saat sampai di Pondok ini Gw langsung laporan kepada penjaga Pondok bahwa berniat untuk bermalam, tentunya dengan menunjukan Identitas (karena gw juga Alumni Santri Pondok Dahlan Ikhsan, Blitar) – Alhamdulillah dipersilahkan dengan baik untuk menempati fasilitas Kamar Tamu yang telah disiapkan.

masjid baitul ala milik ponpes budi utomo

masjid baitul ala milik ponpes budi utomo

Pondok ini memiliki halaman yang luas di depan masjid dan kantor, juga kondisi yang bersih. Pokok nya sangat nyaman sekali untuk mondok di Pondok Budi Utomo ini. Para siswa diberi kesempatan melanjutkan pendidikan umum di sekolah-sekolah, SMP, SMU dan SMK terdekat.

Pengajaran Quran Hadist menggunakan dua pilihan bahasa pengantar yaitu Bahasa Jawa atau Bahasa Indonesi. Pendidikan menekankan faktor disiplin dan kebersihan lingkungan.

  • Biaya relatif murah, dan menu makanan layak, sesuai standar kecukupan gizi.
  • Fasilitas lengkap, kebersihan terjamin dan lingkungan rapi.
sandi prayoga di pondok budi utomo

sandi prayoga di pondok budi utomo