Semua Folder Saya dalam Laptop Kena Virus Batch (.bat)

Yang namanya Laptop atau Komputer memang ga pernah luput dari serangan virus, ada virus yang menyerang sistem sehingga membuat laptop menjadi lambat bahkan tidak bisa dioperasikan lagi, ada juga yang menyerang folder atau file – file yang ada didalam laptop dan lain lain, virus – virus tersebut mulai dari virus malware yang menyerang browser, virus image yang menjadikan semua file berextensi .jpg, virus .bat yang masuk ke semua folder file dan virus – virus yang lainnya. 

Tentunya virus yang yang masuk kedalam laptop harus di basmi, entah itu bahaya atau tidak. Kali ini laptop saya terserang virus batch dengan extenxi .bat . Ketika file virus ini dijalankan maka akan muncul program dos yang aktif. Sehingga file virus .bat ada seluruh folder didalam laptop saya, bikin pandangan mata kurang nyaman setiap buka folder.

Virus .bat muncul didalam setiap folder dengan nama yang sama dengan folder yang dimasukinya. Misal dalam laptop saya ada folder “wedding” , maka virus itu akan muncul dengan nama wedding.bat , saya coba hapus menggunakan tombol delete ternyata bisa , tapi dengan jumlah folder yang begitu banyak didalam laptop membuat saya tidak memungkinkanuntuk melakukannya, bisa-bisa mata sama tangan jadi kejang.

Sayapun coba menghapus menggunakan antivirus ternyata, virus .bat tidak terdeteksi sama antivirus yang saya pakai baik menggunakan AVG, AVIRA atau Smadav. Terus mencari cara bagaimana cara menghapus virus .bat ini. Akhirnya saya menemukan cara untuk menhapusnya, ternyata cukup simple sekali, hanya mengedit file virus tersebut ke notepad.

Cara Hapus Virus Batch

Cara Hapus Virus Batch

Saya coba edit salah satu file virus .bat yang ada didalam folder wedding. Ternyata tampil sebuah code text yang berfungsi untuk mengcopy ke seluruh folder yang ada didalam laptop ketika file virus tidak sengaja di jalankan. Karena ada tulisan “copy” pada stukture kode virus tersebut. Saya pun coba merubah kata “copy” dengan “del” pada code tersebut.

Setelah saya rubah, saya save dan saya coba jalankan. File tersebut langsung jalan seperti sedang melakukan sesuai melalui format dos / cmd. Saya tunggu sampai selesai, dan alhamdulillah ternyata semua file virus batch yang ada didalam folder hilang (terhapus). Dan akhirnya semua folder sudah bersih dari virus batch (.bat).

Proses Penghapusan Virus Batch

Proses Penghapusan Virus Batch