Sudah Booking Tiket di Traveloka Namun Tidak Transfer

Ketika punya rencana untuk pergi keluar kota menggunakan jalur udara maka lebih baik jauh-jauh hari harus sudah memesan tiket pesawat agar bisa mendapatkan harga promo, karena kalau pesannya mendekati hari keberangkatan biasanya harga tiket sudah mahal apalagi jika pesan pada hari keberangkatan.

Ngomongin soal tiket pesawat, saya lebih suka beli tiket di traveloka. Pasti anda memiliki pengalaman yang sama, ya benar sekali. Karena memesan tiket pesawat di traveloka itu sangat mudah, apalagi kalau pesannya lewat aplikasi di android. Harga yang di tawarkan lebih murah di bandingkan dengan agent travel lainnya belum lagi jika ada kupon promo potongan harga Rp100 ribu.

Untuk bisa dapat promo tiket pesawat kita bisa lihat di aplikasi traveloka dibagian atas tertulis “lihat promo”. Berbagai jenis promo terbaru terpampang disana, ada promo diskon hotel, promo diskon pesawat, promo diskon tiket kereta, dan berbagai penawaran menarik lainnya.

Sudah Booking Tiket di Traveloka Namun Tidak Transfer?

Saya sering banget pesan tiket di traveloka (hanya booking saja – tidak transfer), seperti ini tidak masalah kok namanya juga booking, belum beli :D, kalau sudah di bayar baru namanya beli. Pada saat kita booking tiket dan berhasil akan ada waktu berjalan mundur sebagai penghitung batas waktu pembayaran.

Itu artikel ketika waktu tersebut habis maka pesanan atau booking anda akan di batalkan, dan anda harus mengulanginya lagi. Waktu tunggu atau batas waktu pembayaran terhadap pemesanan tiket di traveloka sekitar 2 jam (anda bisa bayar lewat ATM, lewat Indomaret, atau lainnya).

Saya akan contohkan Cara Booking tiket lewat traveloka untuk penerbangan Bandar Lampung ke Balikpapan, tapi tidak saya bayar. Bagaimana, setuju? Silahkan anda lihat gambar pemesanan saya di traveloka sebagai berikut :

1. Buka Aplikasi Traveloka dan Pesan

Pesan Tiket Pesawat di Traveloka

Buka Aplikasi Traveloka, setelah itu pilih menu “Tiket Pesawat” dan kemudian Menentukan Tanggal keberangkatan, Kota Asal dan Kota Tujuan serta jumlah penumpang yang ingin pergi. (klik Cari).

Setelah muncul harga dan nama maskapai penerbangannya, saya pilih yang paling murah dan sesuai jam keberangkatan, lama transit yang memungkinkan. Saya pilih : Penerbangan Sriwjaya Air + Lion Air dengan harga Rp770.300/orang, dengan jam keberangkatan 08.15 dari Bandar Lampung dan transit selama 6 jam di jakarta, akan berangkat lagi pada jam 15.55 Wib.

2. Isi Data Pemesan dan Data Penumpang

Isi Data Pemesan dan Penumpang Traveloka

Masuk ke Proses Pemesanan dengan mengisi Data Pemesan dan Data Penumpang. Pada saat masukan email dan nomor telp pada data pemesan pastikan kedua nya aktif karena tiket akan di kirim via email dan sms.

Selanjutnya pilih asuransi (opsional = artinya tidak harus, anda boleh menggunakan asuransi dan anda juga boleh tidak menggunakan asuransi), kemudian total harga akan muncul disana Rp1.570.600 utk 2 orang. Setelah selesai mengisi data (klik Lanjutkan dan tunggu).

3. Review Pemesanan

Rincian Pemesanan di Traveloka

Pada tahap ini menampikan rincian pemesanan tiket maskapai yang dipilih, data penumpang, dan rincian harga silahkan di periksa ulang. Setelah semuanya benar, maka pilih Lanjutkan untuk masuk ke proses tahap pembayaran.

4. Proses Pembayaran

Pilih Metode Pembayaran Traveloka

Pada Tahap ini anda diminta untuk memiliki metode pembayaran traveloka, anda bisa memilih pembayaran menggunakan transfer bank (tersedia Bca, Mandiri, BNI, dan BRI). Bisa juga pilihan yang paling mudah yaitu pembayaran menggunakan Indomaret / Alfamart. Disini saya akan pilih Pembayaran Traveloka lewat Indomaret.

Jika anda memiliki kupon promo traveloka silahkan di masukan pada tahap ini, dan ketika anda memilih pembayaran menggunakan Indomaret atau Alfamart akan dikenakan biaya administrasi Rp25.000 per transaksi. Setelah itu “Klik Bayar di Indomaret”.

5. Traveloka menunggu Pembayaran dari Anda.

Setelah anda memilih Indomaret maka anda akan mendapatkan kode pembayaran yang harus anda bawa ke Indomaret, itupun jika anda ingin melakukan pembayaran. Dalam pembahasan kali ini saya harus bayar sebesar Rp1.570.494 dengan kode pembayaran 154-738-171.

6. Tiket Akan Masuk ke Email jika anda sudah bayar, namun jika tidak di bayar bagaimana? Apabila anda tidak melakukan pembayaran sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan yaitu 2 jam 14 menit maka status pemesanan akan di batalkan dan anda harus melakukan pemesanan ulang.

Dalam hal ini saya tidak bayar booking tiket yang telah saya lakukan diatas, karena ini sebagai contoh untuk anda yang bingung bagaimana jika tidak di bayar, padahal sudah booking. hehehe :D. Semoga pembahasan dari saya ini dapat bermanfaat untuk anda. Selamat berlibur !!

Baca Juga : Salah Jumlah Trasfer ke Traveloka