Syarat dan Biaya Pembuatan Paspor 2018

Pembuatan Paspor Baru

Paspor merupakan sebuah identitas yang digunakan ketika seseorang ingin pergi ke luar negeri. Wajib hukumnya memiliki paspor ketika akan pergi ke antar negara, paspor merupakan dokumen resmi yang diterbitkan dari kantor imigrasi.

Jadi ketika kamu punya rencana ingin pergi ke negara lain (selain indonesia) dalam waktu dekat dan belum punya paspor maka segera proses pembuatan paspor dari sekarang, karena buat paspor cukup menyita waktu.

Saat ini membuat paspor lebih mudah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan mulai dari pembuatan paspor lewat kantor imigrasi langsung hingga online, bahkan juga bisa via whatsapp.

Syarat Pembuatan Paspor Baru

Sebelum mengajukan pembuatan paspor di kantor imigrasi, maka sebaiknya kamu perlu tahu terlebih dahulu syarat-syarat yang perlu dilengkapi. Karena tidak bisa melengkapi salah satu dari berkas berikut ini, kamu akan mengalami kendala saat membuat paspor.

  • E-KTP asli dan Fotokopi
  • Akta kelahiran
  • Surat nikah / Surat baptis (bagi yang sudah menikah) + fotocopy
  • Ijazah Terakhir
  • Kartu keluarga asli dan fotokopi
  • Materai

Pastikan didalam dokumen tersebut memiliki data identitas yang sama seperti Nama, tempat dan tanggal lahir, nama orangtua, karena jika terdapat perbedaan kamu perlu mengurus ulang dokumen tersebut sampai sama semua.

Kasus: saya pernah mengalami kendala pada saat terjadi perbedaan penulisan tempat lahir, di ijazah dan di KTP berbeda. Jika terjadi seperti ini maka solusinya adalah merubah data di KTP menjadi sama di Ijazah, karena ijazah tidak bisa diterbitkan ulang.

Pembuatan Paspor Baru di Kantor Imigrasi

1. Silahkan kamu datang ke kantor imigrasi terdekat didaerahmu. Pastikan kamu datang di bawah jam 12.00 (siang), bila perlu pagi sekalian. Alasannya karena banyak sekali orang yang ingin buat paspor.

2. Pada saat ke kantor imigrasi, pastikan semua dokumen persyaratannya sudah lengkap dan tidak ada kesalahan dari penulisan nama, tempat dan tanggal lahir, nama orangtua dan sebagainya. Pokoknya harus sama semua ya !!

3. Segera isi formulir permohonan paspor yang telah disediakan di loket pengajuan pembuatan paspor baru. Isilah data dengan benar sesuai dengan informasi yang tertulis pada dokumen resmi anda.

4. Apabila formulir telah anda isi sampai selesai, maka selanjutnya serahkan formulir tersebut kepada petugas diloket pembuatan paspor baru untuk mendapatkan bukti tanda terima serta jadwal pengambilan foto dan sidik jari.

5. Setelah melalui proses pengambilan sidik jari dan foto, tahap yang harus kamu lewati adalah tahap wawancara. Wawancara ini dilakukan untuk memverifikasi dokumen asli dengan keterangan yang ditulis di formulir pembuatan paspor.

6. Kalau semua tahapan ini telah selesai kamu lalui, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Jika sudah, kamu akan mendapatkan informasi kapan paspor akan selesai dan bisa diambil.

Biaya Pembuatan Paspor

Berikut ini adalah informasi biaya yang harus kamu keluarkan atau kamu bayar di loket pembayaran untuk pembuatan paspor.

  1. Paspor biasa 48 lembar untuk WNI (Rp300.000)
  2. Paspor biasa 48 lembar karena hilang / rusak karena kelalaian (Rp600.000)
  3. Paspor biasa 48 lembar karena hilang / rusak karena bencana alam (Rp300.000)
  4. Paspor biasa 24 lembar untuk WNI (Rp100.000).

Leave a Reply