Syarat Menikah Bagi Calon Pengantin Laki-Laki

Syarat Menikah bagi Laki-Laki

Menikah merupakan suatu proses yang harus dilakukan oleh pasangan (laki dan perempuan) yang saling mencintai untuk menjadi halal dan menempuh hidup baru untuk membangun rumah tangga hingga memperoleh keturunan.

Syarat utama menikah bagi laki-laki berdasarkan agama islam yaitu ada pasangannya, sudah cukup umur (baligh), pihak laki-laki telah menyiapkan mahar atau mas kawin, sehat jasmani dan rohani, siap menafkahi (mampu).

Setelah syarat menikah berdasarkan agama terpenuhi maka selanjutnya melengkapi persyaratan administrasi negara yang dikelola oleh KUA (Kantor Urusan Agama). Jika anda bertanya demikian maka saya akan menyebutkan syarat menikah yang harus di lengkapi oleh laki-laki sbb:

1). Silahkan pergi ke RT/RW untuk meminta surat pengantar ke kantor lurah.

2). Pergi ke kantor lurah dengan membawa surat pengantar yang telah anda dapatkan dari RT/RT untuk meminta surat NA (Isian Blangko N1, N2, N3 dan N4). 

Selanjutnya lengkapi foto kopi KTP dan KK, 3×4 sebanyak 2 lembar, pas photo 4X6 sebanyak 2 lembar, 2×3 juga berjumlah 2 lembar, akte kelahiran, dan C1 (Kartu Keluarga).

3). Pergi ke kantor KUA untuk memohon surat pengantar / surat numpang nikah jika anda akan menikah di tempat wanita yang berbeda daerah.

4). Setelah mendapatkan NA dan surat pengantar maka silahkan bawa ke KUA kecamatan dimana akan dilangsungkan pernikahannya (boleh titipkan kepada keluarga wanita untuk diurus).

dan juga perlu melampirkan foto kopi KTP dan KK, 3×4 sebanyak 2 lembar, pas photo 4X6 sebanyak 2 lembar, 2×3 juga berjumlah 2 lembar, akte kelahiran, dan C1 (Kartu Keluarga).

Sebagai informasi tambahan bahwa dalam peraturan menteri agama No.11/2007 pendaftaran pencatatan pernikahan dilakukan 10 hari sebelum pelaksanaan ijab kobul tersebut. Sedangkan untuk biaya nikah di KUA (Gratis), jika menikah dirumah calon mempelai wanita akan dikenakan biaya Rp600.000.

Baca Selengkapnya Disini : Syarat Nikah 2018