Syarat dan Cara Mengurus Numpang Nikah di Daerah Lain

Cara Mengurus Surat Numpang Nikah

Jika kamu memiliki rencana akan menikah maka dari sekarang perlu melakukan beberapa persiapan termasuk yang paling penting yaitu mengurus administrasi pernikahan di KUA. Mempersiapkan berkas-berkas untuk menikah cukup menyita waktu loh, belum lagi kalau pas datang ke kantor kelurahan [pak lurahnya lagi gak ada ditempat].

Sebelumnya saya sudah pernah membahas dan memberikan informasi kepada kalian mengenai syarat nikah 2018 yang harus dilengkapi. Terkadang ada juga yang mau urus berkas ternyata KTP nya, mempersiapkan pas foto, dan sebagainya.

Jika kamu ingin menikahi seorang gadis yang berasal dari daerah yang berbeda, maka calon pengantin pria (laki-laki) perlu mengurus surat numpang nikah. Sayapun demikian, mendapatkan istri dari daerah / kabupaten lain yang ada di Lampung.

Saya berasal dari Kabupaten Tulang Bawang Barat sedangkan istri saya dari Kabupaten Tulang Bawang Tengah. Sehingga saya perlu mengurus surat numpang nikah juga. Kalau pasangan pengantinnya berasar dario daerah yang sama sih gak terlalu repot.

Untuk mengurus surat numpang nikah kalian perlu menyiapkan berbagai kelengkapan dokumen, berikut ini adalah beberapa penjelasan langkah-langkah sekaligus persyaratan yang diperlukan untuk mengurus surat numpang nikah.

Pergi ke Pak RT tempat kamu tinggal (sesuai KTP) untuk meminta surat pengantar dari RT untuk dibawa ke Kantor Kelurahan. Saat ingin meminta surat pengantar bawa fotokopi KTP calon pengantin pria serta kartu keluarga.

Setelah itu, jika kamu sudah mendapatkan surat pengantar. Langsung aja pergi ke kantor kelurahan untuk mendapatkan daftar dokumen yang diperlukan seperti surat N1, N2, dan N4 dan surat keterangan belum menikah ke kelurahan.

Selanjutnya silahkan kamu isi formulir-formulir tersebut dengan lengkap dan benar dan pada saat mengisi formulir kamu juga perlu menyiapkan pasfoto pasfoto 3×4 sebanyak 2 lembar, dan 2×3 sebanyak 2 lembar, Fotokopi KTP 2 lembar calon pengantin pria dan kamu, fotokopi KK calon pengantin pria dan kamu masing-masing 2 lembar, dan surat pengantar RT/RW yang sudah dibuat.

Selanjutnya pergi ke Kantor KUA untuk meminta surat rekomendasi numpang nikah di daerah tujuan. Bawa surat rekomendasi tersebut ke KUA tempat dilaksanakannya pernikahan (ijab). Juga perlu melengkapi fotokopi KK calon pengantin pria dan wanita, foto berwarna 2×3; 3×4 masing-masing 2 lembar, fotocopy ijazah terakhir calon pengantin pria dan wanita, dan terakhir fotocopy Akta kelahiran.

Nah, begitulah langkah-langkah yang harus dilewati dan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk bisa menikah didaerah lain. Apakah masih bingung? Jika kamu masih bingung, kamu bisa minta penjelasan di KUA tempat kamu tinggal untuk membantu proses pernikahan kamu.


Leave a Reply