Tempat Wisata : 5 Pantai yang Indah di Blitar Jawa Timur

Blitar, kota yang sarat akan makna sejarahnya. Disini Bung Karno tinggal dan tumbuh besar, disini pula beliau di kebumikan. Rekam jejak sejarah Bung Karno bisa Anda lihat dengan mengunjungi makam dan museum yang merekam jejak perjuangannya.

Selain wisata sejarah mengenai rekam jejak Bung Karno, Anda juga bisa berkunjung ke tempat wisata lain yang ada di blitar. Seperti Candi Panataran yang menurut legenda merupakan tempat Gajah Mada mengucakan Sumpah Palapa. Selain itu masih banyak lagi tempat wisata yang bisa Anda kunjungi semacam pantai (laut).

Potensi wisata sejarah di Blitar memang tidak bisa lepas karena kota ini menjadi salah satu bukti bisu perjuangan. Namun selain kaya akan sejarah, Blitar juga memiliki potensi alam yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Beberapa tempat pun sudah di lengkapi dengan hotel pilihan yang bisa Anda jadikan fasilitas menginap ketika berada di Blitar.

Saya pergi ke Blitar menggunakan kereta Api Penataran Dhoho dari Kediri, tarif tiket nya hanya Rp 15.000 saja. Perjalanan kereta api ke stasiun kota Blitar memakan waktu kurang lebih 3 jam, dari kota ini kita bisa sewa travel untuk mengunjungi pantai-pantai yang ada di Blitar diantaranya :

PANTAI TAMBAKREJO

Pantai Tambakrejo Blitar

Pantai Tambakrejo Blitar

Tambakrejo merupakan salah satu pantai yang ada di Selatan Kota Blitar. Jaraknya kurang lebih 30 kilometer jika ditempuh dari pusat kota, pemandangan dan ombak yang gemulai dipantai ini sangat indah. Pengunjung juga bisa mandi di pantai eksotis ini.

Banyak masyarakat dari berbagai kota datang ke Pantai ini bersama keluarga untuk menghabiskan waktu liburannya. Sekedar bermain dan berenang ditepian pantai. Biasanya saat pagi- pagi akan ada para nelayan yang baru melaut untuk menangkap ikan. Wisatawan yang ingin membawa ikan segar untuk oleh-oleh bisa membelinya di pelelangan ikan.

PANTAI SERANG

Pantai Serang Blitar

Pantai Serang Blitar

Panti Serang yang berlokasi di Desa Serang letaknya kurang lebih 40 kilometer dari pusat kota. Setiap tahunnya akan ada perayaan yang digelar di pantai ini yaitu upacara larung sesaji untuk memperingati bulan suro. Panorama pantai ini cukup indah dengan dihiasi oleh pasir putihnya.

PANTAI PEH PULO

Pantai Peh Pulo Blitar

Pantai Peh Pulo Blitar

Pantai Peh Pulo adalah salah satu pantai yang mirip dengan Raja Ampat hanya saja ukurannya lebih kecil. Kenapa dinamakan miripdengan Raja Ampat karena di Peh Pulo juga terdapat pulau kecil di lautannya namun tidak sebanyak raja ampat. Letak pantai Peh Pulo berada di Desa Sumbersih.

Untuk bisa sampai di pantai ini Anda bisa menuju arah Lodoyo. Jika sudah dekat dengan Lodoyo Anda bisa mencari jalan menuju Pantai Serang.

Karena belum ada rute menuju pantai ini Anda bisa mengikuti rute menuju Pantai Serang. Setelah sampai di Panggungrejo, anda bisa mencari pertigaan Pangungrejo lalu ikuti jalan untuk sampai ke Desa Sumbersih.

Dari Desa Sumbersih, Anda akan menemukan jalan yang cukup sulit dan sebaiknya untuk memalalui jalur ini anda menggunakan motor.

PANTAI JOLOSUTRO

Pantai Jolo Sutro Blitar

Pantai Jolo Sutro Blitar

Pantai Jolosutro merupakan salah satu pantai unik dan pantai andalan di Blitar. Keindahan pasir dan alam dari pantai ini masih sangat terjaga. Biasanya setiap akhir pekan, pantai jolosutro akan semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Pantai yang berlokasi di perbatasan antara Malang dan Blitar tepatnya ada di desa Ringenrejo, jaraknya kurang lebih 45 km jika dari pusat kota. Ketika Anda akan menuju pantai Jolosutro sepanjang jalan Anda disuguhkan oleh pemandangan yang indah. sebelum benar- benar memasuki kawasan pantai, anda akan melewati gerbang pantai dulu yang nantinya anda juga harus membayar tiket seharga 5 ribu rupiah per orang.

Setelah sampai suguhan alam yang begitu cantik akan bisa anda nikmati, dan seperti sudah di paparkan sebelumnya pantai ini termasuk pantai unik karena memiliki pasir hitam yang berbeda dengan pantai lainnya. Dengan pasir hitam yang menghiasi pantai jolustro ini akan membuat pantai terlihat semakin eksotis.

PANTAI UMBUL WARU

Pantai Umbul Waru Blitar

Pantai Umbul Waru Blitar

Pantai yang berada di desa sidomulyo ini memiliki keunikannya tersendiri. Pasalnya pantai ini memiliki air terjun dengan tinggi 30 meter yang mengalir menuju laut. Pantai dengan air terjun seperti ini sangat jarang ditemui.

Pantai ini juga masih sangat jarang dikunjungi. Bagi anda yang memang ingin mengunjungi pantai ini, sebaiknya anda berhati-hati untuk tidak berenang sampai tengah. Karena memang pantai ini belum memiliki penjagaan dan sangat jarang dilewati oleh kapal.

Berikut 5 pantai yang ada di Blitar yang bisa Anda jadikan list destinasi ketika berada di Blitar, jadi selain mendapatkan kilas balik mengenai ragam sejarah yang ada di Blitar, anda juga bisa merileksasikan badan dan pikiran di pantai yang ada di Blitar.