Tiket Masuk sampai Naik Ke Puncak Monas Cuma Rp15.000

Akhirnya aku sampai juga di jakarta, setelah perjalanan yang cukup jauh mulai dari Lombok, Bali , Surabaya, Malang, dan Kediri. Aku berangkat kejakarta dari stasiun kediri pada pukul 9 malam dengan menggunakan kereta api, tiba di pasar senen seitar pukul 8 pagi.

Karena tujuanku ke Bandar lampung aku bergegas membeli tiket Bus Damri yang ada di stasiun Gambir, ternyata Bus Damrinya berangkat ke Lampung pada malam hari, mau tidak mau aku harus menunggu hingga malam tiba. Untuk mengisi waktu aku menikmati dulu kota jakarta, yang kebetulan disamping gambir merupakan taman wisata monas (Monumen Nasional).

Karena seumur – umur aku belum pernah masuk ke dalam tugu monas, biasanya hanya di halaman monas saja. Karena aku punya waktu banyak, kusempatkan untuk masuk kedalam. Dengan membeli tiket terlebih dahulu di Loket yang telah disediakan.

tiket masuk dan gelang masuk ke tugu monas

Aku langsung membuka dompet dan mengeluarkan uang untuk membeli tiket sesuai dengan harga yang tertera di papan. Mungkin anda tidak bisa melihat harga yang ada di foto , karena terlihat sedikit buram, maklum diambil dengan kamera hp murahan jadi begitulah hasilnya.

Saat membeli tiket kita akan ditawarkan 2 pilihan yaitu tiket khusus masuk ke museum monas saja dengan tiket masuk sekaligus naik ke puncak monas. Saya pun akhirnya membeli tiket yang yang termasuk naik ke puncak monas dengan harga yang tidak terlalu mahal, yaitu Rp15.000 Dengan Rincian :

• Masuk Museum atau Cawan Rp5000
  • Naik Ke Puncak Monas Rp 10.000

Setelah membeli tiket kita akan diberikan karcis sekaligus gelang berwarna yang menunjukan jam atau waktu untuk naik ke puncak monas. Perhatikan Gelang yang saya dapatkan yang tertulis nomor 14-15, berarti jam naik saya pukul 2 – 3 siang. Petugas langsung menyuruh saya untuk menggunakan Gelang tersebut dilengan kanan.

loket pembelian tiket naik tugu monas

Setelah mendapatkan tiket dan mengenakan Gelang, saya langsung masuk ke cawan (museum) tugu monas sambil menunggu giliran naik ke puncak monas. Didalam museum terlihat replika – replika miniatur mini yang mengisahkan masa perjuangan bapak presiden pertama RI , Ir. Sukarno. Seperti saat melawan penjajah, saat saat bermusyawarah dan sebagainya. Saking banyaknya miniatur tidak bisa saya tampilkan foto nya satu persatu.

Waktu telah menunjukan pukul 14.00, saya langsung pergi ke pintu Lift untuk Naik kepuncak monas. Ternyata sudah banyak orang yang mengambil posisi antri. Melihat banyaknya orang yang berbaris panjang, saya sudah tidak mood lagi untuk naik. Sayapun kemudian mengurungkan niat untuk naik ke puncak monas, mungkin lain waktu.

Tips : Kalau mau naik ke puncak monas datanglah di pagi hari..