Tips: Cara Gw Menghemat Baterai HP saat Travelling

Gw suka jalan – jalan ke suatu tempqt yang belum pernah gw kunjungi, pokoknya kemanapun yang gw suka. Terkadang gw pergi travelling dapat sponsor jadi jalan jalan gratis, kadang jalan soloist (sendirian) , kadang sharecost , dan terkadang juga ikut open trip yang dibuka sama trip organizer tergantung dari sikon dan moods. 

Saat jalan jalan tentu ada beberapa hal yang ga boleh ketinggalan, apalagi kalau bukan kamera, hp android, dan power bank kecuali dompet / atm yang harus selalu saip siaga. Tanpa ketiga barang tersebut kadang jalan – jalan serasa menjadi kurang lengkap. Baik lah sebelumnya gw sudah bahas mengenai powerbank yang harus selalu di bawa. Baca : Power bank Jangan ketinggalan 

Sekarang kita intip masalah yang sering timbul saat travelling, yaitu baterai hp lowbat (boros). Untuk mengatasi hal demikian gw punya tips yang sering gw lakuin untuk menghemat baterai. Baterai hp jadi lowbat atau boros itu karena hp selalu terhubung dengan akses data, sehingga hp terus bekerja menjalankan aplikasi – aplikasi yang membutuhkan internet.

Tips: Cara Gw Menghemat Baterai HP saat Travelling

mode pesawat saat travelling

mode pesawat saat travelling

Aplikasi yang selalu terhubung dengan internet dan selalu ada pada hp android semua orang yaitu BBM, Whatsapp, Path, Twitter, Facebook, Instagram, Email, pokoknya intinya sosial media. Itulah yang menjadikan hp android boros baterai. Maka dari itu kita perlu memenegemen penggunakan aplikasi sosial media.

Menggunakan Aplikasi Freeze Aplikasi 

Gw terkadang pakai aplikasi Freeze, Aplikasi yang bisa kita dapatkan di playstore, dimana aplikasi ini berfungsi untuk membekukan sementara aplikasi – aplikasi yang sekiranya tidak perlu digunakan selama travelling. Kita dapat membuka kembali aplikasi ketika dibutuhkan. Dengan begini kerja smartphone dalam menjalankan aplikasi lebih sedikit santai dan sedikit menghemat baterai.

Uninstall Aplikasi Sosial Media 

Ya kadang – kadang juga gw pilih aplikasi aplikasi sosial media yang tidak gw pake, langsung gw uninstall, gampang nanti kalau mau pake lagi bisa di install ulang. Karena sekarang ini instagram mulai di gandrungi, termasuk gw. Maka sosial media seperti twitter dan fb gw uninstall sementara.

Gunakan Mode Pesawat 

Atau pakai opsi gw yang ketika, gw sering pakai yang ini , gw selalu gunakan mode pesawat pada hp android ketika travelling, cara ini menjadi pilihan terbaik menurut gw untuk menghemat baterai, karena ketika mode pesawat semua data akan terputus, bahkan sms dan telpon pun tidak bisa masuk karena signal operator pun terputus.

Dengan mode ini bisa dikatakan hp android gw beristirahat sejenak, kecuali kamera yang selalu gw gunakan dalam perjalanan. Lagi pula buat apa juga akses sosial media kalau lagi travelling, nikmati dulu travellingmu, kalau mau pamer bolehlah nanti setelah posisi istirahat dipenginapan.

dan Gw juga selalu bawa hp kecil (hape jadul) yang sengaja gw pake khusus untuk sms dan telpon. Lagi pula hp – hp jadul ini juga baterainya tahan lama, karena bisa dipake untuk internetan.