9 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula

Tips Mendaki Gunung Rinjani

Saat menjadi mahasiswa saya memiliki keinginan untuk bisa memiliki foto memakai toga (baju sarjana) diatas gunung rinjani, alhamdulillah keinginan saya tersebut dapat terwujud. 

Ini merupakan pengalaman yang pertama dalam mendakit gunung, dan gunung yang langsung saya daki adalah Gunung Rinjani, sebelumnya saya belum pernah naik gunung kecuali gunung anak krakatau dalam festival krakatau yang diadakan oleh dinas pariwisata dan gunung panderman yang ada di malang.

Mendaki gunung saat ini masih menjadi kegiatan outbond yang paling diminati khususnya bagi para kaula muda, karena memang memiliki kesan yang berbeda dalam menikmati indahnya alam.

Bagi para pendaki berpengalaman tentu hal ini sudah menjadi kebiasaan yang rutin mereka lakukan, tapi banyak juga para pendaki gunung masih bersifat pemula seperti hal nya saya pada saat itu, baru mencoba pengalaman baru dalam mendaki gunung.

Saat mendakit gunung pertama kali, bagi saya wajib hukumnya untuk membaca dan mencari tips yang perlu disiapkan sebelum melakukan pendakian. Dengan begitu, kita akan menjadi lebih siap karena memang dibutuhkan kesiapan yang cukup.

Maka dari itu, pada kesempatan ini saya hendak berbagi tips mendaki gunung bagi pemula. Pemula adalah orang yang baru pertama kali dan belum memiliki pengalaman. Saat ini saya sendiri masih sebagai pemula, tapi banyak hal yang saya dapatkan dari teman-teman senior pada saat melakukan pendakian bersama.

1. Pilih Gunung yang Tidak Terlalu Tinggi

Semua terserah kalian sih, kalian ingin mendaki gunung apa. Tapi bagi pemula, apalagi yang belum pernah naik gunung biasanya akan kaget sehingga mengalami putus asa di perjalanan.

Alangkah baiknya untuk berlatih dengan mendaki gunung yang tidak terlalu tinggi, banyak kok gunung yang memiliki ketinggian dibawah 3000 mdpl, seperti mendaki gunung merbabu, panderman, dll. Gunung ini juga memiliki pemandangan yang memukau.

2. Mempelajari dan Mengenal Gunung yang Akan didaki

Setiap gunung memiliki karakteristik yang berbeda-beda, terutama medan yang akan dilewati selama pendakian. Banyak kok, para pendaki senior yang membagikan pengalamannya saat mendaki gunung.

Terutama bagi kalian yang pergi sendiri, maka perlu mencari tahu mengenai pengurusan ijin mendaki, apakah gunung sedang aktif atau tidak? bahkan ada gunung yang harus memiliki persyaratan sebelum mendaki untuk membawa surat keterangan sehat dari dokter.

3. Pilih Jalur Umum Saja, Ga Usah Yang Ekstrem

saat mendaki gunung, kalian akan ditawarkan beberapa jalur pendakian berdasarkan tingkat kesulitan. Bagi pendaki senior biasanya ingin lebih menantang sehingga mereka memilih jalur yang ekstrem, tapi bagi pemula lebih disarankan untuk mendaki di jalur yang umum saja.

Perlu kalian ketahui bahwa mendaki gunung juga termasuk wisata alam, sehingga nikmati perjalananmu jangan sampai salah pilih jalur yang membuatmu merasa berat, jangan main-main dalam memilih jalur karena bisa berakibat fatal jika kalian sendiri tidak sanggup.

4. Perlu Latihan Fisik sebelum Mendaki

Mendaki gunung merupakan aktivitas yang sangat melelahkan, bagaimana tidak? kita harus berjalan kaki menempuh jarak yang tidak dekat, bahkan sempat menjumpai medan yang sangat menanjak dan berbatu dan sebagainya.

Hal ini akan menguras tenaga dan membutuhkan fisik yang kuat. Banyak pendaki pemula yang berhenti ditengah jalan karena sudah tidak sanggup meneruskan perjalanan, bahkan ada yang putar balik.

5. Jangan Sungkan untuk Pakai Porter

Namanya pendaki pemula, wajar lah untuk menggunakan jasa porter. Porter akan membantu kalian selama melakukan pendakian, mulai dari membawakan Tas Carrier, membuatkan tenda, mencarikan air, memasak nasi, dan sebagainya.

Saya juga menggunakan porter pada saat mendaki di Gunung Rinjani, saya ga mau memaksakan dan menyulitkan diri sendiri. Karena saya ingin, liburan saya lebih menyenangkan saat mendaki gunung rinjani.

6. Wajib punya Teman, jangan Pergi Sendirian

Kalau kalian merasa bisa sendiri, lakukan saja!! tapi bagi pemula yang baru pertama kali mendaki gunung maka saya sarankan untuk pergi bersama teman, teman yang pernah mendaki gunung.

Ini akan memberikan bantuan kepada kalian saat berada di alam terbuka, karena memang teman kalian sudah memiliki pengalaman mendaki. Dengan begitu, kalian akan mendaki dengan lebih nyaman sambil belajar darinya.

7. Bawa Perlengkapan yang dibutuhkan Saja

Mendaki gunung membutuhkan perlatan-peralatan outdoor yang cukup banyak, kamu harus bijak dalam membawa barang yang ingin digunakan selama pendakian. Ga usah banyak-banyak membawa baju ganti ya, karena memang diatas jarang sekali untuk ganti baju.

Beberapa perlengkapan yang wajib kamu bawa ketika hendak melakukan pendakian :

  • Jaket Tebal (mengingat suhu digunung dingin)
  • Mantel Hujan (kita tidak tahu, cuaca apa yang akan terjadi)
  • Sarung Tangan dan Kaos Kaki (agar tangan dan kaki tidak kedinginan)
  • Perlengkapan Masak (bawa sederhana saja yang penting bisa masak)
  • Bawa Tenda (Tenda dibutuhkan untuk bermalam di basecamp)
  • Matras (sebagai alas didalam tenda)
  • Sleeping Bag (Penting banget, karena saat tidur kamu butuh kehangatan)
  • Senter (Karena kedaaannya gelap maka kamu perlu bawa senter)
  • Sepatu Gunung (Agar perjalanan menjadi nyaman)
  • Bawa minum secukupnya (Air minum dibutuhkan saat perjalanan dan saat dilokasi)
  • Carrier (Tas Gunung Minimal 40 / 60 Liter).
  • Obat-Obatan (Dibutuhkan jika sewaktu-waktu kesehatan kalian menurun)
  • Coklat, Pocari Sweat dan Gula (Makanan manis diperlukan untuk menambah stamina)
  • Kamera (untuk mengabadikan momen pendakian, kamera hp cukup)
  • Powerbank (Karena tidak ada colokan listrik maka kamu perlu bawa).

8. Jangan Mengeluh dan Beristirahatlah 

Seperti yang saya bilang, bahwa mendaki gunung membutuhkan tenaga yang ekstra. Jangan pernah mengeluh capek, ga kuat, atau sebagainya. Yakinlah kalau kalian bisa sampai puncak.

Jangan paksakan diri kalian ketika sudah kelelahan, istirahat sejenak sambil minum untuk memulihkan tenaga. Karena bahaya jika dipaksakan, bisa menganggu kesehatan, ujung-ujungnya pinsan dijalan.

9. Bawa Buku Catatan

Mendaki Gunung adalah pengalaman yang sangat berharga, maka dari itu tulislah hal-hal yang berkesan selama pendakian. Catatan yang kalian buat nantinya akan sangat membantu.

Kalian bisa beristirahat sambil menulis cerita, apa saja yang kamu lakukan? apa saja yang kamu alami? kesalahan apa yang terjadi? dan sebagainya. Yang intinya, bisa menjadi pelajaran bagi kalian nantinya.

10. Oiya, Jangan Lupa Bawa SUNBLOCK ya…..


Leave a Reply