Tulisan Arab Astaghfirullah al adzim dan Artinya Yang Benar

tulisan arab astaghfirullah

tulisan arab astaghfirullah

Allah memiliki sifat maha pengampun (Al-Ghaffar) dan sifat maha menerima tobat (At Tawwab) bagi hamba yang selalu memperbaiki dan mendekat kepada-Nya.

Salah satu amalan yang dapat dilakukan untuk memohon ampun adalah beristighfar dengan lafadz Astaghfirullah al adzim.

Setiap manusia tidak luput dari yang namanya dosa, karena memang manusia selalu digoda syaitan untuk berbuat kesalahan dan menyimpang dari agamanya.

Syaitan selalu menggoda anak turun adam dangan tujuan agar masuk ke dalam neraka, bahsa syaitan tidak ingin manusia masuk kedalam surga Allah SWT.

Kita kembali ke topik pembahasan yaitu mengenai Lafadz Istighfar.

Masih banyak orang yang salah dalam mengucapkan kalimat atau lafadz istighfar, ketika seseorang salah dalam melafadzkan sebuah doa maka akan memiliki arti dan makna yang berbeda, maka dari itu kita perlu memperbaikinya.

Mengucapkan Lafadz Istighfar yang benar sesuai dengan tulisan arab yaitu: Astaghfirullah al adzim atau Astaghfirullah hal adzim , dengan mengucapkan lafadz yang benar maka artinya juga akan benar.

Istighfar merupakan bentuk pengamalan yang dapat diamalkan dengan mudah, karena hanya dengan lisan, dengan harapan memohon pengampunan dari Allah SWT.

Penulisan Arab Lafadz Astaghfirullah Al Adzim atau Astaghfirullahal Adzim dengan Benar lengkap beserta Artinya

Dalam tulisan arab kalimat istighfar ditulis seperti berikut ini :

اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ

kita lihat bahwa kalau kita baca tulisan arab tersebut menjadi Astaghfirullahal Adzim dalam lafadz Allah ada “(ha-هَ)” yang bertemu denga alif lam qomariyah (الْ) sehingga dibaca jelas menjadi ‘hal’ sehingga jika dibaca lengkap menjadi Astaghfirullahal Adzim.

Tapi jika membaca istighfar berhenti di huruf ‘(ha-هَ)’ pada lafadz Allah sehingga membacanya menjadi Astaghfirullah dan disambung lagi dengan membaca Al Adzim sehingga jika diucapkan menjadi Astaghfirullah Al Adzim , secara arti tetap sama. 

Arti dari kalimat atau lafadz Istighfar yang berbunyi Astaghfirullah Al Adzim atau Astaghfirullahal Adzim adalah : “Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung”. 

Manfaat Membaca Kalimat Istighfar :

Apabila kita sebagai muslim selalu ingat kepada Allah SWT dan selalu membaca kalimat istighfar setiap hari baik diwaktu siang maupun malam maka akan mendapatkan beberapa manfaat dari pengamalan tersebut.

  1. Akan diampuni Dosa-Dosa
  2. Dilapangkan Rezekinya
  3. Dimudahkan mendapatkan Keturunan
  4. Ditambah kekuatan
  5. Segala urusan dan keperluan menjadi mudah
  6. Diberi kenikmatan secara terus menerus
  7. Menolak berbagai bencana
  8. Allah akan menurunkan Rohmat
  9. Dijauhi dari gangguan syaitan
  10. Mendapat pahala untuk masuk surga

Author: Sandi Prayoga

Sandi Prayoga S.Kom | Blogger asal Lampung yang telah lama berkecimpung dalam dunia Blogger. Email : [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.